GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU DALAM ALBUM “AKIBAT PERGAULAN BLUES” KARYA JASON PATRICK RANTI UPAYA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PUISI

Irfan Mubarok, Herdiana Herdiana, Sri Mulyani

Abstract


Penggunaan bahasa sangat penting dalam ilmu dan dunia sastra, karena bermacam-macam karya sastra lahir dari penggunaan bahasa yang kreatif dan imajinatif oleh para sastrawan. Penelitian Gaya Bahasa pada Lirik Lagu dalam Album “Akibat Pergaulan Blues” Karya Jason Patrick Ranti Upaya Pengembangan Bahan Ajar Puisi, dilatarbelakangi oleh permasalahan kurang variatif dan relevan bahan ajar KD 3.17 Unsur Pembangun Puisi di SMA kelas X. Pemilihan gaya bahasa dalam lagu selain memperindah lirik juga bisa dijadikan sebagai bahan ajar agar pembelajaran menjadi lebih menarik. Jason Patrick Ranti merupakan seorang musisi yang beraliran alternatif (indie) dengan ciri khas lirik lagunya yang sulit dimengerti (abstrak).Rumusan masalah penelitian ini yaitu, Bagaimana gaya bahasa yang ada pada lirik lagu dalam album “Akibat Pergaulan Blues” Karya Jason Patrick Ranti? Dan bagaimana model bahan ajar gaya bahasa pada lirik lagu dalam album “Akibat Pergaulan Blues” Karya Jason Patrick Ranti dalam unsur pembangun puisi di SMA? Tujuan penelitian terdiri dari mendeskripsikan gaya bahasa pada lirik lagu dalam album “Akibat Pergaulan Blues” Karya Jason Patrick Ranti dan mendeskripsikan model bahan ajar gaya bahasa pada lirik lagu dalam album “Akibat Pergaulan Blues” Karya Jason Patrick Ranti dalam unsur pembangun puisi di SMASimpulan penelitian ini adalah dari 11 data lagu yang diperoleh dalam lirik album “Akibat Pergaulan Blues”karya Jason Patrick Ranti. Beliau lebih banyak menggunakan gaya bahasa perbandingan dan gaya bahasa pertentangan. Bisa dibilang sebagai seorang penyair, Jason Patrick Ranti sering menggubah lagu-lagunya dengan bahasa kiasan. Jason Patrick Ranti juga tidak lupa menggunakan gaya bahasa perulangan dan gaya bahasa pertautan, meskipun hal ini tidak dominan dalam artian album ini sedikit menggunakan gaya bahasa perulangan dan gaya bahasa pertautan.Hasil dari penelitian penggunaan gaya bahasa pada lirik lagu dalam album “Akibat Pergaulan Blues” ini dapat berimplikasi dalam pembelajaran di SMA kelas X, khususnya dalam KD 3.17. Menganalisis unsur pembangun puisi. Berdasarkan hasil penelitian gaya bahasa pada lirik lagu dalam album “Akibat Pergaulan Blues” karya Jason Patrick Ranti, memenuhi kriteria pemilihan bahan ajar yang meliputi prinsip relevansi, prinsip konsistensi, dan prinsip kecukupan.

Keywords


Gaya Bahasa, Lirik Lagu, Puisi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama. Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama Dr. I Made Suarta, S. H. , M. Hum dan I Kadek Adhi Dwipayana S. Pd. , M. Pd. (2014). BUKU TEORI SASTRA. Jakarta : Rajawali Pers E. Kosasih. (2008) Apresiasi sastra Indonesia Jakarta Timur: Nobel Edumedia. Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomer 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2002 Nomor 85 Sekretariat Negara. Jakarta. Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Tarigan, Henry Guntur. (2011). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa. Teeuw, A. (1988). Sastra dan Ilmu sastra. Jakarta:PT Dunia Pustaka Jaya Zainuddin. (1992). Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: RinekaCipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.