Nilai Etika dalam Novel Selamat Tinggal Karya Tere Liye

Arif Rahman, Sirojul Munir, Dedeh Rukaesih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan upaya mendeskripsikan model bahan ajar yang yang inovatif. Para pendidik pada umumnya hanya menggunakan bahan ajar yang sudah tersedia dan tinggal pakai, sehingga bahan ajar yang diberikan terkesan monoton. Pemilihan Novel sebagai bahan pada pembelajaran bahasa Indonesia yang kurang bervariasi, berkaitan dengan Kompetensi Dasar 3.8 Menafsir pandangan pengarang (nilai-nilai) terhadap kehidupan dalam novel pada kelas XI tingkat SMA/SMK. Sehingga perlu di lakukan proses pengkajian agar bertambah sumber bahan pembelajaran sastra yang inovatif berupa novel sesuai perkembangan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk Mendeskripsikan nilai etika yang terkandung dalam novel Selamat Tinggal Karya Tere Liye. Penelitian ini juga memberikan manfaat baik secara teoritis maupun praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka, dan teknik analisis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini Menunjukan bahwa terdapat nilai-nilai etika yang terdapat dalam novel Selamat Tinggal Karya Tere Liye yaitu kewajiban, tanggung jawab, hati nurani dan keutamaan. Dalam novel tersebut terdapat banyak nilai-nilai etika yang dapat dijadikan sebagai pengetahuan sekaligus penerapnnya dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai tersebut akan menanamkan pada pribadi menjadi seorang yang memiliki karakter yang baik layaknya manusia.Kata kunci: novel,  nilai etika, bahan ajar.

Keywords


novel, nilai etika, bahan ajar

Full Text:

PDF

References


K Bertens (2013). Etika Edisi Revisi Daerah Istimewa Yogyakarta : PT Kanisius.

Tere Liye (2021) Selamat Tinggal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

J Sudarminta (2013). Etika Umum; kajian Tentang Beberapa Masalah Pokok dan Teori Etika Noramatif Daerah Istimewa Yogyakarta : PT Kanisius.

Purnawasin, Royan (2018) Analisi Nilai Etika Dalam Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye.

Erlina Zahar, Sujoko (2021) Analisis Nilai Etika Tolong Menolong dalam Novel Harga Sebuah Percaya Karya Tere Liye. JIUBJ, (Online) 21 (2), 68-696.

Noer Juliansyah (2011). Metodologi Penelitian Jakarta: Kencana.

Suyatno (2012) Nilai Moral, Etika dan Pandangan hidup perlu dipahami oleh setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. PKn Progresif, (Online) 7 (1), 158683.

Handrix Chirs H, Tia Rahmania (2017). Nilai-Nilai Yang Penting Terkait Etika. Jurnal Psikologi Unayat, (Online) 4 (1), 76-154.

Rahmanto (2004) Metode Pengajaran Sastra Yogyakarta :Kanisius

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penlitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nawali, Ainna Khoiron. 2018. Hakikat, Nilai-Nilai Dan Strategi Pembentukan Karakter (Akhlak) Dalam Islam. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suseno, Franz Magnis.(2019) Etika Politik. Jakarta; Rajawali Press.

Andi Prastowo (2015) Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Jogjakarta : Diva Press

M. Amin Abdullah (2020) Filsafat Etika Islam Yogyakarta:Haidar IRCisoD




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.