NILAI KEMANUSIAAN DALAM FILM DRAMA KOREA “CRASH LANDING ON YOU” KARYA PARK JI-EUN (Pengembangan Bahan Ajar Dalam Menganalisis Isi Drama)

Dini Febriani, Sirodjul Munir, Dedeh Rukaesih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai kemanusiaan dalam Film Drama Korea Crash Landing On You Karya Park Ji-Eun, digunakan sebagai pengembangan bahan ajar sastra di sekolah. Adapun hasil penelitian ini penulis tuangkan ke dalam bentuk skripsi dengan “Nilai Kemanusiaan Dalam Film Drama Korea Crash Landing On You Karya Park Ji-Eun (Pengembangan Bahan Ajar Dalam Menganalisis Isi Drama)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimanakah Nilai kemanusiaan dalm film drama korea Crash Landing On You?” “Bagaimana model bahan ajar yang berkaitan dengan nilai kemanusiaan dalam menganalisis isi drama?” Masalah dalam penelitian ini dibatasi dengan nilai kebenaran, nilai kedamaian, nilai cinta atau cinta kasih, nilai prilaku yang benar tau kebijakan, dan nilai tanpa kekerasan. Metode yang digunakan adalah metode deskritif analisis yaitu metode yang menggambarkan hasil penelitian. Kemudian penelitian ini akan diperoleh kesimpulan hasil pada penelitian adalah nilai kemanusiaan yang terdapat dalam film drama korea crash landing on you karya park ji-eun.

Keywords


nilai kemanusiaan, Film

Full Text:

PDF

References


Hasanah, Umrotul, and Lukman Nulhakim. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis.” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA 1(1): 91.

Karyono. 2008. “Nilai-Nilai Kemanusiaan Dalam Novel Ketika Lampu Berwarna Merah Karya Hamsad Rangkuti.”

Pertiwi, Triswati Putri. 2023. “NILAI KEMANUSIAAN DALAM FILM DRAMA KOREA ‘ DESCENDANTS OF THE SUN ’ KARYA KIM EUN -SOOK.” 7: 157–63.

Magdalena, Ina et al. 2020. “Analisis Bahan Ajar.” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2(2): 311–26. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.

Pembelajaran, Model. 2003. “Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Dan Model Pembelajaran.” (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.