ANALISIS SUPERSTRUKTUR PADA WACANA IKLAN YOUTUBE LUWAK WHITE COFFE TARIK MALAKA EDISI 11 MARET 2023

Muhammad Rizal Putra Pradana, Nina Widyaningsih

Abstract


Pada era modern saat ini dunia periklanan semakin berkembang. Salah satu jenis media iklan yang paling banyak diminati masyarakat adalah iklan dengan media elekronik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menelaah bagaimana analisis superstruktur pada iklan Youtube Luwak White Coffe Tarik Malaka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teknik simak dan catat dengan mengkaji struktur wacana pada iklan Luwak White Coffe Tarik Malaka dengan menggunakan pendekatan model Teun A. van Dijk. Data yang digunakan berupa kalimat dalam iklan tersebut. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan tersebut memiliki superstruktur berupa makna kata dan makna yang diutarakan yang terdapat dalam teks iklan. Secara keseluruhan iklan Luwak White Coffe Tarik Malaka yang diteliti menggunakan kalimat persuasif secara eksplisit dan mudah dipahami. Melalui iklan Luwak White Coffe Tarik Malaka ini penulis bermaksud untuk menarik perhatian konsumen untuk membeli produk baru dari Luwak White Coffe yaitu Luwak White Coffe Tarik Malaka.

Keywords


Bahasa, Analisis Wacana, Superstruktur, Van Dijk

Full Text:

PDF

References


Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi. (GP Press Group).

Marlia Cory, Surif Muhammad dan Dalimunthe S Fahmy. 2022. Analisis Wacana Kritis Van Dijk Pada Iklan Bear Brand Tahun 2021 dan 2022. Universitas Negeri Medan.

Moleong,Lexy J.2017.Metode Penelitia Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Risa, A. Fiona, & Miftahulkhairah Anwar. 2021. Analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk pada iklan Ramayana department store. Universitas Negeri Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3, ANDI: Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.