VARIASI BAHASA DALAM JUAL BELI ONLINE MARKETPLACE INSTAGRAM (Pengembangan Bahan Ajar menulis iklan)

Herdiana Herdiana, Sri Mulyani, Sopi Susanti

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini berjudul "Variasi Bahasa dalam Jual Beli Online Marketplac Instagram (Pengembangan Bahan Ajar Menulis Iklan)". Skripsi ini meneliti tentang karakteristik variasi bahasa dalam jual beli online marketplace Instagram. Dalam kegiatan jual beli pada media online, sering di temukan kata-kata yang tidak terdapat dalam tuturan sehari- hari atau bahkan ada kata-kata yang sama tetapi maknanya berbeda. Hal demikian menyebabkan terjadinya kesalah pahaman yang berujung pada tidak tercapainya kesepakatan antara penjual dan pembeli. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah untuk mengetahui karakteristik penggunaan variasi bahasa Indonesia dalam jual beli online / marketplace Instagram dengan kriteria bahan ajar dan untuk mendeskripsikan bentuk model bahan ajar dalam pembelajaran menulis iklan. Data dalam penelitian ini adalah tuturan variasi bahasa yang ada dalam 3 akun jual beli online yaitu akun Scarlett Whitening, Eiger Adventure, dan Jiniso.id. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah teknik observasi dan dokumentasi, lembar dokumentasi dianalisis kemudian di deskripsikan. Adapun teknik analisis data yang digunakan, yakni pengumpulan data, reduksi data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian variasi bahasa ini menunjukkan bahwa wujud karakteristik variasi bahasa dalam jual beli online marketplace Instagram ditemukan (1) adanya idiolek, (2) adanya dialek, (3) adanya kronolek, variasi bahasa layak dijadikan sebagai bahan ajar karena sudah sesuai dengan prinsip relevansi, konsistensi, dan kecukupan dan bisa dijadikan model bahan ajar sesuai dengan bahan ajar yang ideal. Selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan kepada netizen dalam berkomentar, selain itu penelitian ini juga dapat dijadikan bahan ajar dan juga dapat diterapkan dalam upaya pembentukan karakter peserta didik di sekolah terutama dalam pembelajaran variasi bahasa.Kata Kunci: Variasi Bahasa, Media Sosial Instagram, Bahan Ajar.

Keywords


Variasi Bahasa, Media Sosial, Bahan Ajar

Full Text:

PDF

References


Muslich, Masnur. Bahasa Indonesia Pada Era Globalisasi, Kedudukan, Fungsi, Pembinaan, dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Putri, Gusti Ayu. 2015. Variasi Bahasa Dalam Jual Beli Pada Media Online. Universitas Mataram: Jurnal Desma.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wasino. 2010 Materi Diktat Menyusun Bahan Ajar yang Cerdas. Semarang: Lembaga Pengawasan Kualitas Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.