PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK UBAH CATATAN HARIAN MENJADI PUISI (Penelitian Tindakan Kelas VII MTsN 15 Ciamis)

Ike Ratna Dewi

Abstract


Menulis puisi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa kelas VII. Hasil observasi pra penelitian diketahui bahwa beberapa siswa belum mampu menulis puisi. Nilai KKM yang sudah ditentukan yaitu 75, namun masih ada beberapa yang masih belum mencapai KKM yang ditentukan. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan diatas maka dapat dirumuskan masalah yaitu: 1) Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan teknik ubah catatan harian menjadi puisi dalam pembelajaran menulis puisi?; 2) Bagaimanakah peningkatan menulis puisi setelah menggunakan teknik ubah catatan harian menjadi puisi dalam pembelajaran menulis puisi?.Berdasarkan pembahasan, penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, langkah-langkah penggunaan teknik ubah catatan harian dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII MTsN 15 Ciamis sudah dilaksanakan dengan baik, langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran sebagai berikut. Kegiatan awal langkah-langkah pembelajaran mencakup, siswa dikondisikan untuk melakukan pembelajaran. Tahap pertama Eksplorasi meliputi : (1) Siswa bekerja sama dengan guru mengorganisasi kelas menjadi 6 kelompok, dengan memperhatikan kemampuan siswa, sehingga pada setiap kelompok ditempatkan satu siswa yang dianggap dapat menjadi motor dalam kelompoknya, (2) Siswa menemukan pengertian puisi, unsur batin puisi, unsur lahir puisi, (3) Perwakilan siswa diminta untuk membacakan puisi. Tahap kedua Elaborasi meliputi : (1) Setiap siswa membuat puisi sesuai pengalaman pribadinya masing-masing yang telah dibuat dalam  buku catatan harian, (2) Setiap siswa mengoreksi hasil puisinya masing-masing. Tahap ketiga konfirmasi meliputi : Guru memberikan penguatan tentang pembelajaran sesuai dengan temuan saat proses bimbingan menulis puisi. Kedua, penggunaan teknik ubah catatan harian menjadi puisi dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa dengan peningkatan rata-rata nilai pada siklus I adalah 74,63 sedangkan siklus II menunjukan peningkatan dari rata-rata nilai pada siklus I menjadi 85,56. Hal tersebut menunjukan peningkatan kemampuan siswa yang cukup signifikan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.