NILAI DIDAKTIS DALAM NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE

Endeh Endeh

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan berdasarkan fenomena bahwa pada pembelajaran menganalisis novel di SMA menuntut siswa untuk mampu menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik. Namun sering terjadi yang dibahas hanya unsur intrinsik saja, maka dari itu pada penelitian ini akan dikaji unsur ekstrinsik yakni nilai didaktis yang nantinya akan dijadikan bahan ajar pembelajaran sastra. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai didaktis dalam novel Hujan karya Tere Liye. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan nilai-nilai didaktis yang terkandung dalam novel Hujan karya Tere Liye yang nantinya akan dijadikan bahan ajar membaca novel di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Fokus kajian penelitian ini adalah nilai didaktis dalam novel Hujan karya Tere Liye. Berdasarkan analisis diketahui novel Hujan karya Tere Liye mengandung nilai didaktis yaitu nilai: menolong sesama, empati, kejujuran, saling berbagi, kesetiaan, kesejatian, hikmah (pelajaran berharga), kegigihan dan keuletan, kebermanfaatan, toleransi, menghargai sesama, kesabaran, membalas kejelekan dengan kebaikan, mengedepankan kebaikan dari keburukan, bahaya kejelekan, dan kualitas amal kebaikan. Nilai-nilai tersebut dapat dijadikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMA.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.