PENGGUNAAN TEKNIK SHOW NOT TELL (SNT) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NURUL FIRDAUS TAHUN AJARAN 2020/2021

Naily Hasanah

Abstract


Menulis merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa. Kurikulum 2013 yang telah diberlakukan pemerintah juga menghendaki terwujudnya kemampuan siswa dalam menulis teks. Salah satu jenis teks yang harus dikuasai yaitu teks eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa yang diberi perlakuan menggunakan teknik pembelajaran show not tell berbantuan media gambar seri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Nurul Firdaus. Penelitian ini dilakukan karena melihat keterampilan menulis teks di sekolah masih sangat rendah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pre-eksperimen design, dalam bentuk desain one group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nurul Firdaus sebanyak 15 orang. Proses pembelajaran dengan menggunakan teknik show not tell berbantuan media gambar seri yaitu; pertama guru memperlihatkan sebuah gambar seri dan semua siswa mengamatinya, kedua guru meminta siswa untuk mendaftarkan kalimat yang memberitakan dari setiap gambar, ketiga guru menyuruh siswa merubah kalimat menjadi paragraf, setelah itu hasil pekerjaannya dikumpulkan. Hasil penelitian ini ditunjukan dari uji hipotesis menggunakan SPSS 25 melalui uji statistic independen sample T Test dalam mengukur kemampuan siswa menulis teks eksplanasi dengan nilai yang sudah termasuk kategori mampu. Hal ini menunjukkan setelah diberi perlakuan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi setelah diberi perlakuan dengan menggunakan teknik show not tell berbantuan media gambar seri.

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman dan Wahyu. 2000. Pendidikan anak bermasalah . Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Anitah,Sri.2010.Media Pembelajaran. Yuma Pustaka. Surakarta.

Arifin,Zaenal.2008.Metodologi Penelitian Pendidikan. Lentera Cendikia. Surabaya.

Arsyad,Azhar.2014.Media Pembelajaran. Rajawali. Jakarta.

Daryanto. 2016. Media pembelajaran. Edisi ke-2, Gava Media. Yogyakarta.

Depdiknas.2008.Peraturan Pemerintah RI NO.9 tentang Standar Nasional Pendidikan.

De Potre dan Henacki, 2007. Dalam buku strategi dan aplikasi model pembelajaran inovarif Bahasa dan sastra.

Gie,The Liang.2002.Terampil Mengarang. Andi. Yogyakarta.

Hasnindah.2011.MediaGambarSeri.http://shaoran1401.artikel.com/2014/01/media-gambar-seri.html?m=1. Diakses hari kamis tanggal 06/01/2020 pukul 11.16.

Hernowo,2003. Dalam Buku Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan sastra.

Isnatun, Siti dan Umi Farida.2013.Mahir Berbahasa Indonesia.Yudistira. Bogor.

Jakni.2016.metodologi penelitian eksperimen bidang pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Kemendikbud.2013.Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Kemendikbud. Jakarta.

Knapp, Peter dan Watkins,M.2005.Genre,Teks,Grammar Technologi for Teaching and Assesing Writing. Sydney:University of south wales.

Komaidi, didik. 2008. Aku bisa menulis. Sabda Media. Yogyakarta.

Kosasih,Engkos.2013.Mandiri Mengasah Kemampuan Diri Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTS Kelas VII. Erlangga. Jakarta.

Kustandi,Cecep dan Bambang,Sujipto.2011.Media Pembelajaran. Ghalia Indonesia. Bogor

Lagur, Novita Sari. 2016. Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turi, Sleman, Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas sanatan dharma,Yogyakarta.

Margono,S.2010.Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Munandi,Yudhi.2010.Media Pembelajaran.Grasindo. Jakarta.

Mulyadi.2013. Auditing. Salemba Empat. Bandung.

Mulyasa,E,2008, Menjadi Guru Profesional, PT.Remaja Rosdakarya offset. Bandung.

Nugiyantoro, Burhan.2016. Sastra Anak. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Permendikbud Nomor 81.A. 2013. Implementasi Kurikulum Lampiran IV. Pedoman UmumPembelajaran. Jakarta.

Sadiman,Arief dkk.2009.Media Pendidikan: Pengertian,Pengembangan, dan Pemanfaatannya.Rajawali. Jakarta.

Sardiman,AM.2001. Interaksi dan Motivasi belajar mengajar.Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Rajawali pers: Jakarta.

Sudjana dan Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Sujarweni,Wiratna.2014. Metode Penelitian. Pustaka Barv Press. Yogyakarta.

Sugiono.2015. Metode Penelitian Kombinasi (mix method). Alfabeta. Bandung.

Sukmadinata, Syaodih Nana.2002. Pengembangan Kurikulum. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Surahsaputra,Uhar.2014.Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan Tindakan. Reflika Aditama. Bandung.

Suryaman,Maman .2012.Metodologi Pembelajaran Bahasa.UNY Press. Yogyakarta

Tarigan,Henry.Guntur.2013. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Angkasa . Bandung.

Tarigan,Henry.Guntur.2008. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Angkasa . Bandung.

Wira. 2002. Keefektifan model show not tell pada pembelajaran keterampilan menulis cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lamasi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Paloto. 4(1):18.

Wiyanto, Asul.2004. Terampil Menulis Paragraf. Gasindo. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i1.6467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.