KEARIFAN LOKAL DALAM NOVEL BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER

Wulan Rengganis Apriliandara

Abstract


Skripsi  ini berjudul Kearifan Lokal dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Kurangnya novel yang memiliki kearifan lokal di dalamnya untuk dijadikan menjadi bahan ajar kepada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kearifan lokal yang terdapat dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kearifan lokal dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik studi pustaka, teknik analisis dan teknik dokumen. Teknik pengolahan data yang digunakan akan ditentukan dari (a) Reduksi Data, (b) Tabulasi Data, (c) Keabsahan Data. Hasil penelitian analisis kearifan lokal dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer, yaitu : setelah dilakukan beberapa kajian atau analisis isi, maka dapat disimpulkan bahwa dalam novel Bumi Manusia terdapat kearifan lokal yang berkaitan dengan nilai agama, budaya, sosial. (a) Nilai Budaya, (b) Nilai Sosial, (c) Nilai Agama, Implikasi dari nilai-nilai kearifan lokal dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer tersebut berdampak pada proses pembelajaran yaitu pada bahan ajar.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ananta Toer, Pramoedya. 2005.Bumi Manusia. Jakarta: Lentera Dipantara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Citra.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Endrasaswara, S. 2005. Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta : Buana Pustaka.

Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra Sebuah Pengajaran Awal. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Herdiansyah, Haris.2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Humanika.

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores : Nusa Indah

Jamaluddin. 2003. Problematik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.

Mulyana, Rohmat. 2011. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabet.

Nazir,Moh.2013. Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Rahyono. 2009. Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Wedatamawidyasastra

Rosidi, Ajip. 2011. Kearifan Lokal. Bandung: Kiblat Buku Utama

Setiadi, E. M. 2006. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Sibarani. Robert. 2012. Kearifan Lokal Hakikat, Peran, dan Metode Tradisi Lisan. Jakarta : Asosiasi Tradisi Lisan.

Sugiyanto.2010. Model – Model Pembelajaran Inovatif . Surakarta: Yuma Presindo.

Sugiyanto.2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Badung : Alfabeta.

Sujana, Nana. 2010. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara.

Taqwiem, A. 2018. Perempuan dalam Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Jurnal Tarbiyah: jurnal Ilmiah Kependidikan, 7 (2), 133-143.

Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.

Zubaedi. 2005.Pendidikan Berbasis Masyarakat Upaya Menawarkan Solusi terhadap Berbagai Problem Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i1.6468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.