PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BALON KALIMAT PADA MATERI MEMBACA TEKS TANGGAPAN KELAS IX MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 1 SUKARESIK

Reni Yulianti

Abstract


     Skripsi ini berjudul Penggunaan Penggunaan Media Pembelajaran Kalimat Pada Materi Membaca Teks Tanggapan Kelas IX Masa Pandemi Covid-19 Di Smpn 1 Sukaresik. Penelitian ini dilatarbelakangi kekurangtepatan penggunaan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran pada materi membaca teks tanggapan.Solusi yang dikedepankan adalah dengan menggunakan media pembelajaran balon kalimat. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1)Bagaimanakah bentuk perencanaan teks tanggapan dengan menggunakan media balon kalimat melalui daring; 2) Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan media balon kalimat melalui daring; 3) Bagaimanakah perubahan kemampuan siswa dalam memahami teks tanggapan setelah menggunakan media balon kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rumusan masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka ,teknik observasi,teknik pembelajaran,teknik tes, dan teknik analisis. Setelah data-data diolah dan dianalisis ,maka simpulan hasil penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut. 1).Perencanaan pembelajaran teks tanggapan dengan menggunakan balon kalimat, mengacu pada perencanaan kurikulum 2013 yaitu (1) Rumusan Identitas Sekolah; (2) Rumusan Identitas Mata Pelajaran; (3) Rumusan Kelas/Semester;(4) Rumusan Tujuan Pembelajaran; (5) Materi Pokok; (5) Rumusan Alokasi Waktu; (6) Rumusan Tujuan Pembelajaran;(7) Rumusan Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi; (8)Rumusan Materi Pembelajaran;(9) Rumusan Metode Pembelajaran; (10) Rumusan Media Pembelajaran; (11) Rumusan Sumber Belajar; (12) Rumusan langkah-langkah pembelajaran; (13) Rumusan Penilaian Hasil Pembelajaran. 2).Langkah-langkah penggunaan media balon kalimat dalam pembelajaran pada materi membaca teks tanggapan adalah sebagai berikut. Langkah pertama pada kegiatan inti yaitu siswa mengidentifikasikan teks tanggapan yang sudah di baca dan kemudian di simpulkan. Langkah selanjutnya adalah menanya. Siswa mempertanyakan informasi apa yang harus di kumpulkan tentang materi teks tanggapan berdasarkan media balon kalimat. Langkah ketiga dalam kegiatan inti yaitu mengekspolarasi/mengumpulkan informasi.Siswa mencari data tentang teks tanggapan. Langkah keempat yaitu mengasosiasi. Siswa melakukan latihan soal teks tanggapan yang sudah disajikan. Langkah kelima adalah mengkomunkasikan.Pada kegiatan ini, siswa mempresentasikan hasil jawabannya.3).Pelaksanaaan pembelajaran di kelas eksperimen,pembelajaran pada materi membaca teks tanggapan dengan menggunakan media balon kalimat. Berdasarkan hasil tes awal (prates) diketahui  perolehan rata-rata yaitu 64,76, sedangkan pada tes akhir (pascates) di ketahui perolehan rata-rata yaitu 82,38. Dengan demikian terdapat perubahan kemampuan siswa bukti selisih antara tes awal dan tes akhir yaitu 17,62. Dari hasil perhitungan uji t juga diperoleh C.R. > t dengan nilai 7,69 > 1,684.

Full Text:

PDF

References


Afrianty, N. 2020. Metode Belajar Daring Berbasis IT Google Classroom di Tengah Pandemi Covid-19. (Online)

Aprida, P., & Muhammad Darwis, D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Fitrah Jurnal-jurnal Keilmuan, 337

Arikunto. (2006: 168-169) Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan

Arsyad,Azhar.2011.Media pembelajaran.jakarta:Rajawali pers.

Bilfaqih,Yusuf.2015.Esesnsi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish

Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusuma negara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Non formal, 6(2), 97.

Depdiknas.2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

http://pengertianahli.id/pengertianpmembaca-danmanfaat-membaca/

Drs.Daryanto. (dalam buku Media Pembelajaran)

(https://id.m.wikipedia.org/wiki/Balon_ucapan)

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Isman, Mhd. 2016. Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar, 586.

Jakni,S.Pd.Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan Bandung: Alfabeta Cipta.

Jakni,S.Pd.Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan Bandung: Alfabeta Cipta.

Jakni,S.Pd.Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan Bandung: Alfabeta Cipta.

Jamaludin,Dindin dkk. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 3

Kosasih dan Restuti (2015:32) Aspek Penilaian Teks Tanggapan

Miarso.2004.Mediapembelajaran.Jakarta:ciputat pers.

Mulyadi (2015, hlm.71) Materi teks tanggapan IX

Mutia, Intan dan Leonard. 2013. Kajian Penerapan E-learning Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta 6(4). 282

Nawawi,Hadari (2012:88). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan Bandung:Alfabeta Cipta.

Ravianto (dalam Masruri, 2014:11). Analisis Efektivitas dan Efisiensi Manajemen Keuangan di Aceh Barat. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia. 50

Sandiwarno, S. (2016). Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO, 8(2), 191.

Sekaran ,Uma . dalam bukunya Business Research, 1992 dalam (Sugiyono, 2010)

Sugiyono.2017.StatiskaUntuk Penelitian.Bandung : Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i1.6469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.