Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pembelajaran Menulis Cerpen
Teti Gumiati, Gunawan Gun Gun Gun Gun
Abstract
Penelitian ini berjudul ” Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pembelajaran Menulis Cerpen (Studi Eksperimen pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMK Miftahul Ihsan Kota Banjar)”. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya minat siswa dalam menulis cerpen mendorong penulis untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan cerpen. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah 1). Bagaimana perencanaan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC)? 2). Bagaimana langkah-langkah pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC)? 3). Bagaimana perubahan kemampuan siswa dalam menulis cerpen setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC)? dan tujuan penelitian ini yaitu 1). Mendeskripsikan perencaaan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC). 2). Mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC). 3). Mendeskripsikan perubahan kemampuan siswa dalam menulis cerpen setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC).