VARIASI BAHASA DALAM JUAL BELI ONLINE / MARKETPLACE INSTAGRAM

Hendaryan Hendaryan, Thorifah Nur Ali Muakhor

Abstract


Variasi Bahasa Indonesia dalam Jual Beli Online / Marketplace Instagram Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis, 2021. Skripsi ini meneliti tentang karakteristik variasi bahasa Indonesia dalam jual beli online /  Instagram. Alasan penulis mengambil data dari Instagram karena media sosial tersebut merupakan alat komunikasi yang efektif untuk berbagai macam aktivitas termasuk jual beli. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah untuk mengetahui karakeristik penggunaan variasi bahasa Indonesia dalam jual beli online / marketplace Instagram. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah teknik observasi dan dokumentasi, lembar dokumentasi dianalisis kemudian dideskripsikan, implikasi dalam penelitian ini adalah bahan ajar KD 4.3 teks iklan kelas VII. menyajikan, mengumpulkan, serta mengamati penulisan teks iklan dan dokumentasi komunikasi di media sosial Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik variasi bahasa Indonesia dalam jual beli online / marketplace sebagian besar dipengaruhi bahasa gaul dan penyimpangan bahasa asing.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yusuf Zainal. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Chaer, Abdul. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Kridalaksana, Harimurti. Fungsi Dan Sikap Bahasa. Jakarta: Penerbit Nusa Indah, 1982.

Khairuni, Nisa. “Dampak Positif dan Negatif Sosial Media.” Mahasiswa Pascasarjana Universitas UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Jurnal Edukasi Vol 2, Nomor 1 Januari 2016.

Kurnianto, Tegar Dwi. Ragam Bahasa Indonesia. Universitas Gunadarma, 2017.

Muslich, Masnur. Bahasa Indonesia pada Era Globalisasi, Kedudukan, Fungsi, Pembinaan, dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i2.6543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.