KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KONTEN CHANNEL YOUTUBE JURNALRISA

Chintia Handayani, H. R. Hendaryan

Abstract


Penelitian ini berjudul “Kesantunan Berbahasa Dalam Konten Channel Youtube Jurnalrisa”. Latar belakang penelitian ini yaitu seorang youtuber yang tidak memperhatikan penggunaan bahasa yang santun. Oleh karena itu, penulis mengkaji karakteristik kesantunan berbahasa dalam konten channel youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam konten channel youtube Jurnalrisa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang ada dalam dua konten Jurnalrisa yaitu Di Tempat Ini Risa Kehilangan Kemampuan Melihat Hantunya Part 1 dan Semua tentang Ghostbustour Season 2 Kami Bahas Di Sini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik telaah pustaka, teknik simak, teknik dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk karakteristik kesantunan berbahasa tuturan dalam konten channel youtube Jurnalrisa terdapat (1) pematuhan prinsip kesantunan berbahasa, (2) pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa. Selanjutnya, hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi acuan untuk youtuber dalam proses membuat konten, lalu hasil penelitian ini juga dapat menghsilkan bahan materi seminar yang dapat diterapkan di kampus.Kata kunci: kesantunan berbahasa, pematuhan, pelanggaran.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abid, Syaiful. 2019. Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Terhadap Dosen di Media Sosial WhatApp. 230-244 STKIP PGRI Lubuklinggau.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta

Dewi, I K. 2014. Penyimpangan Prinsip Kesantunan Dalam Vlog (Video Vlog) By Indonesia Youtober.1

Faiqah F, Nadjib M, Amir A S. 2016. Youtobe Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA. 5, (2), 259.

Hartini H I, AR H F, Charlina . 2017. Kesantunan Berbahasa Dalam Komentar Caption Instagram. Universitas Riau.

Hendaryan, 2005. Ekspresi Kesantunan Dalam Tuturan Bahasa Indonesia Oleh Penutur Dwibahasawan Sunda. 5-254 Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Pranowo. 2009. Berbahasa secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rachmayani, Rini. 2016. Penggunaan Media Cetak Koran Dalam Meningkatkan Keterampilan Memahami Bacaan Pada Siswa Tuna Rungu Kelas XI Di SMALB BCD YPKR CICALENGKA. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Rahardi, K. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rahayu, T. 2017. Kesantunan Berbahasa Sebagai Cerminan Karakter Bangsa. Jurnal Of Language Learning And Reserch. 1, (1): 24-31

Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Kombinasi (MIX Metods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Zamzani, dkk. 2010. Pengembangan Alat Ukur Kesantunan Bahasa Indonesia dalam Interaksi Sosial Bersemuka dan Non Bersemuka. Laporan Penelitian Hibah Bersaing (Tahun Kedua). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i2.7017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.