Abstract
ABSTRAKPembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan tidak langsung, tetapi menggunakan platform yang dapat membantu proses belajar mengajar yang dilaksankan menggunakan internet meskipun jarak jauh. Setara Kemendikbud menjadi solusi kegiatan pembelajaran yang disediakan oleh pemerintah untuk pendidikan kesetaraan pada masa pandemi covid-19 saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran daring di PKBM Al-Fattah Manonjaya, dan efektivitas pembelajaran daring menggunakan website Setara Kemendikbud di PKBM Al-Fattah Manonjaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode purposive sampling dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, 4 tutor dan 20 warga belajar kelas XII IPS 1. Hasil capaian siswa selama satu semester terakhir menggunakan Setara Kemendikbud meningkat atau bisa dikatakan pembelajaran menggunakan website Setara Kemendikbud cukup efektif atau berhasil.Kata Kunci : Proses Pembelajaran Daring, Efektivitas Pembelajaran, Website Setara Kemendikbud.
References
DAFTAR PUSTAKA
Afifatu Rohmawati. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 9 Edisi 1, April 2015.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Setara.Kemendikbud.2020. http://setara.kemdikbud.go.id/paket-c .
Ilmiyah, S. (2020, Maret 22). Surotul Ilmiyah — Upaya PBNU Mencegah
Penyebaran COVID-19. Dipetik April 13, 2020, dari YouTube alobatnic:https://youtu.be/rYlypLWR3Qw