DISKRIMINASI YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL RUMAH KACA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER

Susy Sundari, Andri Noviadi

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Diskriminasi yang Terkandung dalam Novel Rumah Kaca Karya Pramoedya Ananta Toer”. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu Bahan ajar yang ada kurang bervariatif atau kurang menarik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimana diskriminasi yang terkandung dalam novel Rumah Kaca  karya Pramoedya Ananta Toer dan tujuannya untuk mengetahui diskriminasi-diskriminasi yang terkandung dalam novel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Adapun sumber data dari penelitian ini yaitu novel Rumah Kaca karya Pramoedya Ananta Toer serta buku-buku dan jurnal-jurnal yang dijadikan referensi dalam penelitian ini. Data akan dianalisis dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik analisis, teknik dokumentasi. Adapaun teknik pengolahan data yang digunakan, yakni reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa diskriminasi yang terkandung dalam novel Rumah Kaca karya Pramoedya Ananta Toer adalah diskriminasi etnis dan perempuan, Adapun diskriminasi agama tidak digambarkan dalam novel Rumah Kaca tersebut. Diskriminasi yang paling mendominasi dalam novel tersebut yaitu diskriminasi etnis dapat dilihat dari menggambarkan segala bentuk pembedaan antara Pribumi dan kaum eropa dengan latar belakang etnis berbeda. Serta adanya gambaran yang perlakuan membedakan seseorang atau kelompok tertentu dengan latar belakang etnis berbeda. Sedangkan diskriminasi perempuan terdapat sikap atau perilaku dalam novel yang terdapat gambaran dalam novel yang merendahkan perempuan serta adanya sikap atau perilaku dalam novel yang menggambarkan  perempuan sebagai individu-individu kelas dua dalam masyarakat. Hasil penelitian tersebut dapat dijadikan salah satu bahan ajar jika sesuai dengan kriteria pemilihan bahan ajar yakni meliputi 1) Prinsip Relevansi, antara materi pembelajaran SK/KD saling berkaitan. 2) Prinsip Konsistensi, apabila terdapat dua indikator maka bahan yang digunakan harus meliputi dua indikator. 3) Prinsip Kecukupan, materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai kompotensi yang diajarkan. Pada penelitian ini difokuskan pada bahan ajar yang dapat menghasilkan bahan ajar bervariatif dan menarik  khususnya pada KD 3.11 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca. Kata kunci : Diskriminasi, Bahan Ajar, Novel.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Karakter. Bandung:PT Refika Aditama.

Ali, Denny Januar. 2014. Menjadi Indonesia Tanpa Diskriminas i. Jakarta: Inspirasi.co.

Ananta Toer, Pramoedya. 2020. Rumah Kaca. Jakarta: Lentera Dipantara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT.Rineka Cipta.

Istiqomah, Nuriana, dkk. 2014. “Sikap Hidup Orang Jawa dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari”. Dalam Jurnal Sastra Indonesia. Vol. 3, No. 1, hlm 1-9.

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i2.7027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.