PENGGUNAAN MAJAS DALAM NOVEL SATU HARI DI 2018 KARYA BOY CANDRA

Silfia Nurajizah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan bahan ajar yang menarik bagi siswa. Oleh karenaitu, penulis menganalisis novel Satu Hari Di 2018 karya Boy Candra dalam hal penggunaan gaya bahasanya untuk dijadikan bahan ajar yang menarik bagi siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain deskripsi. Fenomena yang sedang diselidiki adalah gaya bahasa novel Satu Hari Di 2018 karya Boy Candra. Sumber data dalam penelitian ini adalah teknik studi pustaka, teknik analisis dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini peneliti menemukan empat gaya bahasa pada novel tersebut yaitu gaya bahasa perbandingan, pertentangan, pertautan dan perulangan. 1) gaya bahasa perbandingan penulis menggunakan majas perumpamaan, personifikasi, antitetis, 2) gaya bahasa pertentangan penulis menggunakan majas hiperbola, ironi, oksimoron, paronomasia, 3) gaya bahasa pertautan penulis menggunakan majas elipsis, 4) gaya bahasa perulangan penulis menggunakan majas kiasmus. Penelitian ini bisa dijadikan sebagai bahan ajar dalam KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Candra, Boy. 2017. Satu Hari di Tahun 2018.

Devianti, Rina. 2017. Bahasa sebagai Cermin Kebudayaan. Vol. 24, No. 2, Hal. 229.

Mujiyati, Sri. 2016. Penggunaan Majas Perbandingan dalam Puisi Karya Siswa Kelas VIII di SMP N 3 Colomadu Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nuh, Muhammad. 2016. Metode Penelitian Bahasa Cetakan III. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Romansyah, Khalimi. 2016. Pedoman Pemilihan Dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Vol. XVII, No. 2, Hal. 63.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta cv.

Sumardjo, Jakob. 1985. Apresiasi Sastra. Jakarta : Gramedia.

Tarigan, G. Henry. 2009. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, G. Henry. 2009. Pengajaran Semantik. Bandung: Angkasa.

Wahyuni, Titik. 2016. Penggunaan Majas dalam Kumpulan Cerpen Mata yang Enak dipandang Karya Ahmad Tohar dan Perencanaan Pembelajarannya di kelas X SMA. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Romansyah, Khalimi. 2016. Pedoman Pemilihan Dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Vol. XVII, No. 2, Hal. 63.

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan BahanAjar Berbasis Kompetensi (Sesuaidengan Kurikulum TingkatSatuan Pendidikan). Padang:Akademia Permata.134.

Wallek, Rene dan Austin Warren. 1993. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.

Jurnal Teologi dan Pendidikan Kontekstual. 1 (1): 97.

Minderop, A. 2016. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Saraswati, R. 2018. Ananta Prahadi. Jakarta: Bukune.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Waslam. 2015. Kejiwaan dalam Teks Sastra: Suatu Tinjauan Teori Sigmund Freud. Jurnal Pujangga. 1 (2): 143.

Yusuf, A. dan Nurihsan, J. 2013. Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i2.7244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.