KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN SISWA KELAS VIII SMPN 13 TASIKMALAYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CORDER

Nurul Azmi Sholeha, Herdiana Herdiana

Abstract


Penelitian ini berjudul Kesalahan Berbahasa Pada Karangan Siswa Kelas VIII Smp 13 Tasikmalaya dengan Menggunakan Model Corder. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu bahwa pada dasarnya kesalahan berbahasa umumnya masih diabaikan dalam lingkup para pelajar karena para siswa tidak memperhatikan kaidah kebahasaan dalam penulisan seperti ejaan, diksi, dll. Dalam kesalahan berbahasa banyak sekali faktor yang mempengaruhi salah satunya ketidak telitiannya para siswa dalam menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk kekeliruan kalimat dan diksi pada karangan siswa kelas viii Smp 13 Tasikmalaya berdasarkan model Corder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi. Hasil yang muncul terlihat dari hasil karangan siswa yang banyak sekali kesalahan dan kekeliruan di bagi menjadi 5 bidang yaitu terdiri dari kesalahan lapses, kesalahan mistake, kesalahan error fonologi, kesalahan error morfologi dan kesalahan error sintaksis. satu di antara keseluruhan karangan siswa terdapat banyak kesalahan berbahasa dalam bidang pemilihan kata, imbuhan dan kekeliruan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa masih banyak kekeliruan dan kesalahan berbahasa dalam tulisan karangan siswa dan terdapat pencampuran bahasa ibu.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, (2003) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Lenaini, Ika. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan SnowBall Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah 1(6):33-39

Cahyani, R. (2016). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Karangan Siswa Kelas IV SDN SERANG 12 Sebagai Alternatif bahan pembelajaran Menulis Karangan. Kalimaya , (4)-(2)

Corder, S. Pit. (1981). Erorr Analysis and interlaguage. Oxford: Oxford University Press.

Siregar, R. S. (2018). Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Jurnal Edukasi Kultura , Universitas Negeri Medan .

Tarigan. (1988). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta : Rineka Cipta.

Afiana, N. (2018 ). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Tataran Ejaan Dalam Karangan Siswa . Konferensi Ilmiah Dasar, Vol. 1 68-78.

Fadhila, R. (2016). Analisis Kesalahan Kalimat Teks Ekspalanasi Siswa Kelas VII SMP NEGERI 12 PADANG. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , Vol.5 No. 2 321-330 .

Feny Oktaviani, M. R. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Karangan Eksposisi siswa Kelas X MIPA (Studi Kasus di SMA NEGERI 4 SUKARATU). BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya , Vol. 6 No. 1 98-99.

Hidayatullah, A. (2018). Analisis Kesalahan Diksi Pada Karangan Siswa Kelas IX SMP ISLAM DAAR EL-ARQAM TANGERANG . El-Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajarannya , Vol. 1 No. 1 42-43.

Muzdalifah, N. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Karangan Siswa Kelas VII di SMP NEGERI 5 KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG . umsu.ac.id, 13-20.

Sihombing, E. S. (2021). Analisis Lapses, Error, dan Mistake pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP NEGERI 1 ONAN RUNGGU TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. digilib.unismed.ac.id, 66-67.

Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.