NILAI SOSIAL DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY

Pia Mariasari Nurul Fazri, Nia Rohayati, Rina Agustini

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai sosial yang terdapat dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, karena penulis ingin mendeskripsikan nilai sosial yang terdapat dalam novel Bumi Cinta. Objek dalam penelitian ini adalah Nilai Sosial dalam novel Bumi Cinta. Sumber data yang digunakan yaitu novel yang berjudul Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy, sedangkan data penelitian ini yaitu naskah novel berupa paragraf, kalimat, serta kata/frasa yang terdapat dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah teknik telaah pustaka, teknik analisis. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan nilai sosial dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy adalah : 1) Nilai Material yang menunjukkan kebutuhan manusia untuk melakukan kegiatannya, misalnya kebendaan seperti sandang/pakaian dan pangan/makanan, kemudian kekayaan dan kedudukan. 2) Nilai Vital yaitu menunjukkan segala sesuatu yang berguna bagi manusia, dalam Novel Bumi Cinta ditunjukkan oleh tokoh utama dan tokoh lainnya selalu menjaga kesehatannya dan menyempatkan berolahraga. 3) Nilai Kerohanian yang berhubungan dengan hati dan kejiwaan manusia. Ada 4 nilai didalamnya yaitu, pertama nilai kebenaran yang bersumber dari akal dan logika manusia, kedua nilai keindahan bersumber dari unsur perasaan, ketiga nilai kebaikan bersumber dari nurani manusia, keempat nilai religius yang bersumber dari keyakinan manusia.Kata Kunci : Novel Bumi Cinta, nilai sosial, dan bahan ajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Elly M. Setiadi, K. A. (2012). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ikrima, Dhea. (2020). Nilai Sosial Dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer dan Implementasinya Sebagai Bahan Pembelajaran Di MTsN 4 Kabupaten Ciamis. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh, Ciamis.

Winarno, Herimanto. (2018). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mumtazinur. (2019). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Banda Aceh, Provinsi Aceh: Lembaga Kajian Konstitusi Indonesia.

Shirazy, H. E. (2019). Bumi Cinta. Jakarta: Republika Penerbit.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Zubaedi. (2005). Pendidikan Berbasis Masyarakat Upaya Menawarkan Solusi terhadap Berbagai Problem Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.