NILAI SOSIAL DALAM NOVEL DAUN YANG JATUH TIDAK PERNAH MEMBENCI ANGIN KARYA TERE LIYE

Asri Shindy Pebiani, Taufik Hidayat, Rina Agustini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai sosial dalam novel yang berjudul Daun Yang Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye. Penelitian ini menggunakan dasar teori nilai sosial menurut Notonegoro winarmo dan herimanto, nilai yang di diteliti meliputi nilai material, nilai vital, dan nilai kerohanian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknis analisis, teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menganalisis novel dan menarik simpulan  novel  Daun Yang Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin  dengan kriteria pemilihan bahan ajar. Adapun masalah pokok dari yang dibahas adalah mengenai nilai sosial yang terkandung dalam novel Daun Yang Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin. Serta upaya untuk mendapatkan bahan ajar menganalisis novel. Hasil penelitian terhadap novel  Daun Yang Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin karya Tere Liyedapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Nilai material meliputi a) kebendaan, b) kekayaan, c) kedudukan. (2) Nilai vital meliputi a) hidup sehat, b) olahraga. (3) Nilai kerohanian meliputi a) nilai kebenaran b) nilai keindahan. Terbukti bahwa nilai sosial pada novel Daun Yang Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye tersebut sesuai dengan kriteria pemilihan bahan ajar yang digunakan, serta bahan ajar yang menarik perhatian siswa dan bahan ajar yang berada dalam batas kemampuan peserta didik sesuai dengan kompetensi dasarnya untuk mempelajarinya. Kata Kunci: Novel, Nilai Sosial

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Herimanto dan Winarno. 2015. Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

_______. 2018. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Penerbit Nobel Edumedia.

Kusmana, Ade. 2011. E Learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan Vol 14 No 1 2011

Majid. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi. Guru. Bandung:PT Remaja Rosda Karya.

Maryati & Suryawati. 2001. Sosiologi: Jilid 3. Jakarta; Esis.

Maulida, Ikrima. 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Undergraduate Thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada.

_______. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada. University Press.

Pradopo, Djoko Rachmat. 2011. Kritik Sastra Indonesia. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar.

Pujiharto. 2012. Pengantar Teori Fiksi. Yogyakarta: Ombak.

Riris K, Toha. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.

Sarumpaet. T. Risi. 2002. Sastra Masuk Sekolah. Magelang: Indonesia Tera.

Setiadi, Elly M dan Usman Kolip. 2012. Pengantar Sosiologi. Jakatra : Kencana.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Suryawati. 2001. Nilai Sosial: Jilid 3. Jakarta; Esis. McCloud, Scott.

Wellek, Rene dan Warren, Austin. 1989. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.