KARAKTERISTIK LARAS BAHASA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM AKUN BISNIS

Tantri Alfina, H.R Herdiana

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik kata dan kalimat dalam media sosial instagram dengan cara mencari beberapa akun bisnis media sosial instagram yang telah berhasil menjalankan bisnisnya kemudian menganalisis keterangan setiap produk yang diunggah dalam bentuk foto/video yang memuat kata-kata yang tepat, sesuai, dan meneliti kecenderungan kata yang sering digunakan serta menggunakan kalimat yang efektif. Sampel penelitian ini adalah 3 akun bisnis media sosial instagram yang masing-masing akun diambil 2 sample keterangan dalam produk yang diunggah dalam bentuk foto. Setiap pembisnis khususnya orang yang menjalankan bisnis melalui media sosial pasti akan menyertakan keterangan dalam setiap produk yang diunggah. Keterangan yang ditulis untuk menjelaskan foto atau video yang diunggah dalam media sosial sering kali tidak dipahami oleh pembaca. Penelitian dengan judul “Karakteristik Laras Bahasa dalam Media Sosial Instagram” dengan tujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kata dan kalimat akun bisnis di media sosial instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian karakteristik kata dan kalimat dalam akun bisnis media sosial instagram yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik data yang digunakan untuk mengumpilkan data yaitu teknik telaah pustaka, teknik observasi, teknik catat, teknik dokumentasi, dan teknik analisis. Teknik dalam mengolah data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian karakteristik kata dan kalimat pada akun bisnis media sosial instagram menunjukan adanya ketepatan, kesesuaian, dan kecenderungan kata yang sering digunakan, serta keefektifan kalimat yang digunakan dalam penulisan keterangan atau caption. Implikasi dari laras basa tersebut yaitu bahan ajar, supaya pembelajaran menjadi komunikatif.Kata Kunci: Laras Bahasa, Media Sosial, Instagram

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aditya Rangga. 2015. Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi pada Komunitas Fotografi Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa. 2(2): 2-3.

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badudu, J. S. (1998). Inilah Bahasa Indonesia yang benar II. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gunawan, Imam. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

http://scele.ui.ac.id/berkas_kolaborasi/konten/mpktb_2014genap/BI.pdf

http://aldiunano.com/ragam-bahsa-dan-laras-bahasa-.aldi

http://de2-mutz.blogspot.com/2010/10/fungsi-bahasaragam-dan-laras-bahasa.html

Keraf, G. (1999). Diksi dan gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa. Depok: Rajawali Pers.

Nazir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Semi Atar 2012. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung: CV Angkasa. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherli. 2015. Merancang Karya Tulis Ilmiah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Wresniati Siwi. 1997. Sekilas Tentang Laras Bahasa Media Massa Cetak Media Litbangkes. 03(04):33.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.