NILAI KARAKTER DALAM NOVEL BEDEBAH DIUJUNG TANDUK KARYA TERE LIYE

Zerlinda Yuniar, Nia Rohayati, Hendaryan Hendaryan

Abstract


ABSTRAK Adapun yang melatar belakangi penelitian ini karenarendahnya karakter dikalangan generasi muda, khususnya peserta didik di sekolah, sering kita saksikan diberbagai media massa. Krisis tersebut berseumber dari masalah moral, karakter, yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan pendidikan. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat sudah mulai kehilangan karakter sebagi bangsa yang santun dan jujur. Salah satu upaya untuk menanamkan nilai karakter pada peserta didik dapat dilakukan dengan menggunakan karya sastra sebagai alternatif bahan ajar, misalnya menggunakan cerpen, novel, bahkan cerita rakyat. Hal ini dapat dilakukan sebab sastra memiliki fungsi ganda, yaitu menghibur dan sekaligus bermanfaat bagi pembacanya. Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan nilai karakter yang terdapat dalam novel Bedebah di Ujung Tanduk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik studi pustaka, teknik observasi, teknik analisis, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat nilai–nilai karakter yang terdapat dalam novel Bedebah di Ujung Tanduk karya Tere Liye yaitu jujur, bertanggung jawab, cerdas, sehat dan bersih, peduli, kreatif, dan gotong royong. Dalam novel inibanyakterdapatnilaikarakter, nilaikaraktertersebutmerupakannilaikehidupanuntukditumbuhkembangkandengankepribadianseseorangsehinggamenjadisatukesatuandalamprilakukehidupanmanusia.Nilaiituakanmembentukkepribadianseseorangmenjadilebihbaiklagi. Kata kunci : novel dan nilai karakter 

Keywords


novel dan nilai karakter

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2011). Pengaruh pelatihan resiliensi terhadap perilaku asertif pada remaja.Pamator. Vol. 4 (2), 129-136.

Afri Joni, Sarman Freddi, Andiyaksa Rully, (2019). Meningkatkan Perilaku Aserif Siswa dengan Menggunakan Teknik Assertive Training Pada Siswa, Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pedidikan, Vol. 2, No.1, Maret 2019.

Alberti, R., & Emmons, M. (2002).Your Perfect Right Panduan Praktis Hidup.Lebih Ekspresif dan Jujur pada Diri Sendiri. Jakarta: Elex Media.

Asmani, Jamal Ma'mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Corey, Gerald. (2013) .Teori dan Praktek Konseling &Psikoterapi. Terjemah E. Koswara. Bandung. Refika Aditama.

Dewi, Anindya Paramita. Sulistio, Widyana. Wiroko, Endro Puspo. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosi terhadap Penyesuaian Sosial Remaja di Pondok Pesantren. Jurnal Psikologi. Vol. 16, No. 1.

Faizal Defa, “Teknik Assertive Training (At) Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa”, Jurnal Fokus Konseling Volume 1 No. 1, Januari 2015.

Farida, Hanik dan Asri, Laksmi Riani 2006, Pengaruh Kompetensi Utama Kecerdasan Emosional dan Afikasi Diri Terhadap Kenyamanan SupervisorDalam Melakukan Penilaian Kerja , Jurnal Bisnis & Manajemen Vol. 6, No.1.

Gunarsa, S.D. (2010). Psikologi perkembangan anak dan remaja.Jakarta : BPK. Gunung Mulia.

Gunarsa, S.D. (2010). Psikologi perkembangan anak dan remaja.Jakarta : BPK. Gunung Mulia.

Gunarsih, S.D. (2007). Konseling dan Psikoterapi.Jakarta : Gunung Mulia.

Kuss, D. J. (2013). Internet gaming addiction: current perspectives. Psychology Research and Behavior Management, 6, 125-137

Latipun. 2011. Psikologi konseling. Malang:UMM Press.

Maurice Andrew Suplig, Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar, Jurnal Jaffray, Vol. 15 No. 2, 2017.

Muhammad Rafki Syukri dan Zulkarnain. (2005). Asertivitas Dan Kreativitas Pada Karyawan Yang Bekerja Di Multi Level Marketing Psikologia Volume I No. 2 Desember 2005.

Ningsih, R., & Rahmah, H. (2013). Efektivitas Paket Pereda Nyeri Pada Remaja. Jurnal Keperwatan Indonesia, 16(2) : 67–76.

Rakos, F.A. (2015). Assertive behavior; theory, research, and training, Library of Congress Cataloging in Publication Data. New York.

Syahran, R. (2015). Ketergantungan Online Game dan Penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1 (1), 84-92.

Willis, Sofyan S. 2011. Konseling Individual, Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta

Yeni Oktora. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Asertif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pakem.Skripsi.Fakultas Psikologi Dan Ilmu Sosial Budaya UII.

Charles Zastrow/Buku (2018)Social Work With Groups: Comprehensive Practice and Self-care. Canada: Brooks/Cole, Cengage Learning.

Mashudi, Farid. (2012). Psikologi Konseling, Jogjakarta, Diva press.

Ratna, Lilis. (2013). Teknik – Teknik Konseling.DIY : CV. Budi Utama.

Hetti Rahmawati. 2008. Modifikasi Perilaku. Malang: LP3 Universitas Negeri Malang.

Rosidi, Sutoyo Anwar & Purwanto Edy. 2011. Effectiveness of Reality Therapy Group Counseling to Increase The Self-Esteem of Students. JUBK 7 (1) (2011).

Novita Fitri, Egy & Marjohan. (2016). Manfaat Layanan Konseling Kelompok dalam menyelesaikan masalah pribadi siswa. Jurnal EDUCATIO.

Hartono & Soedarmadji, B. 2012.Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana.

Nelson, Richard & Jones.(2014). Teori dan Praktek Konseling dan Terapi.(Terjemahan Helly Prayitno dan Sri Mulyantini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Helen Fisher. 2015 .The First Sex: The Natural Talents of Womanand How They are Changing the World.

Rahman,Hibana, BimbinganKonselingPola 17, Ucy Press, Yogyakarta, 2003

SofyanS.2013.Konseling individual,Teori dan Praktek.Bandung : Alfabeta.

Neni Noviza dan Hartika Utami Fitri, Teknik Umum dan Teknik Khusus. Dalam Konseling Individual (Palembang: Noerfikri Offset, 2018),

Adiningtyas, N., & Mardhatillah, A. (2016). Work life balance index among technician. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial,

Nazir,M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,.Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Creswell, John W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif,.Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.