KESANTUNAN BERBAHASA SISWA DALAM KEGIATAN DISKUSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI SMAN 1 BAREGBEG

Muhammad Fauzan Adhim, Herdiana Herdiana

Abstract


ABSTRAKDalam kegiatan interaktif, perlu adanya aturan untuk mengatur peserta yang berbicara, sehingga terjalin komunikasi yang baik antara keduanya. Kaidah komunikasi dapat dilihat pada prinsip kesantunan berbahasa yang diungkapkan oleh para pragmatis (Leech, 1983: 206). Leach membagi prinsip kesopanan menjadi enam prinsip, yaitu, kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, konsensus, dan kasih sayang.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif deskriptif. Data penelitian yang digunakan berupa tuturan santun siswa dalam kelas bahasa Indonesia. Sumber data merupakan tuturan santun siswa dalam interaksi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Baregbeg. Data berupa tuturan siswa saat kegiatan diskusi berlangsung. Teknik pengumpulan data melalui teknik simak, teknik catat, dokumentasi, dan observasi langsung.Aspek yang dikaji dalam penelitian ini yaitu berkaitan dengan maksim maksim dalam kesantunan berbahasa. hasil penelitian menunjukkan bahwa tuturan yang dihasilkan memenuhi syarat kesantunan berbahasa. adapun maksim yang terpenuhi oleh peserta tutur yaitu, maksim kebijaksanaan yang ditunjukkan saat berdiskusi, maksim kedermawanan, maksim kerendahan hati, maksim pujian, maksim kesepakatan, dan maksim simpati.hal tersebut menunjukkan bahwa peserta tutur mampu berkomunikasi dengan santun, baik dengan guru bahkan dengan teman sejawat. teori kesantunan berbahasa dapat digunakan sebagai bahan ajar, khususnya dalam bidang komunikasi langsung dalam pembelajaran bahasa Indonesia. tujuannya yaitu untuk memperbaiki kualitas bahasa yang dimiliki remaja dan melestarikan bahasa Indonesia dari interferensi bahasa asing.

Full Text:

PDF

References


Agustina, Deka. dkk. Kesantunan Berbahasa sebagai Faktor Determinan Keberhasilan Pembelajaran berbahasa. Jurnal Sastra dan pembelajaran. 1(2).

Alika, S. Dewi. (2017). Pengimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa

dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jurnal Jalabahasa. 13(1): 39-49.

Cahyaningrum, Fitria. dkk. (2018). Kesalahan Berbahasa Siswa dalam Berdiskusi. Jurnal Madah. 9(1): 45-54.

Chaer, Abdul. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Febriasari, Diani. Wijayanti, Wenny. (2018). Kesantunan Berbahasa dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Kredo. 2(1): 140-156.

Gojkov, G. (2010). Facilitating Effective Student Learning through Teacher Research and Innovation. (M. V. dan V. J. Zuljan, Ed.).

Gustriani, Nuri. dkk. Kesantunan Berbahasa Guru Bahasa Indonesia Dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 2 Rintau Buo. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(1).

Handiawati, Yunita. dkk. (2020). Kesantunan Bertutur dalam Kegiatan Diskusi Siswa Kelas VII SMPN 3 Bandarlampung. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. 8(1): 1-12.

Hutagalung, Heriyawan. (2021). Kesantunan Berbahasa dalam Diskusi dan Relevansinya pada Pembelajaran Bahasa Siswa SMA Negeri 1 Sibolga. Jurnal Akrab Juara. 6(2): 156-173.

Ishariyati. Widodo, Mulyanto. Fuad, Muhammad. 2015. Kesantunan Berbahasa dalam Kegiatan Diskusi Siswa Kelas Xi SMK Dinamika Lampung Utara. Tesis. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.8540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.