GAYA BAHASA NAJWA SHIHAB DALAM ACARA MATA NAJWA DI TRANS7

Nida Fauziah, Nia Rohayati, Hendaryan Hendaryan

Abstract


Penelitian ini berjudul Gaya Bahasa Najwa Shihab Dalam Acara Mata Najwa di TRANS7, dilatar belakangi dengan berperannya gaya bahasa untuk memperindah kata-kata sehingga menjadi indah dan menarik bagi pendengar, banyaknya pembawa acara yang topiknya menarik namun dibawakan oleh pembawa acara yang tidak berkarakter karena tidak menggunakan gaya bahasa sehingga acara yang dibawakan kurang menarik padahal topiknya penting untuk diketahui, maka dari itu pada penelitian ini akan dikaji gaya bahasa yang digunakan Najwa Shihab yang nantinya akan dijadikan bahan bahan penyuluhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, dalam pengumpulan data mengunakan metode simak, instrument pengumpulan data dilakukan dengan menyimak mencatat seluruh pengguanan gaya bahasa Najwa Shihab dalam acara Mata Najwa, wujud datanya berupa kata, paragraf dan kalimat hasil analisis. Hasil yang ditemukan setelah melakukan penelitian terhadap acara Mata Najwa yaitu terdapat penggunaa bahasa penunjukan sikap antara lain: 1) kata, 2) kalimat, 3) nada, 4) kesopanan, 5) kejujuran, dan 6) kemenarikan.Kata kunci : Gaya Bahasa, Najwa Shihab, Mata Najwa 

Keywords


Gaya Bahasa, Najwa Shihab, Mata Najwa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Chaer. Abdul.2012. Linguistik Umum. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Felicia. 2001. Pengertian Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2007. Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembagan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,Jakarta: Balai Pustaka.

Keraf, Gorys. 2008. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.