INTERFERENSI BAHASA JAWA DALAM PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA PIDATO PERSUASIF DI MTS AL HIDAYAH PONDOK LOMBOK KABUPATEN PANGANDARAN

Rifqi Tubagus Subagja, Hendaryan Hendaryan, Sri Mulyani

Abstract


ABSTRAK Adapun yang melatar belakangi penelitian ini siswa MTS Al-Hidayah Pondok Lombok dalam menggunakan bahasa Jawa lebih dominan dibanding dengan penggunaan bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari kebiasaan siswa yang lebih dominan menggunakan bahasa Jawa dalam berbicara sehari-hari baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Interferensi bahasa Jawa dalam berbahasa Indonesia ditemukan pada siswa ketika berpidato. Permasalahan tersebut muncul karena siswa tersebut merupakan seorang dwibahasawan, yaitu menguasai dua bahasa, bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Penguasaan bahasa Jawa yang sudah terlebih dahulu dikuasai akan berpengaruh saat menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan interferensi bahasa Jawa dalam pidato pada siswa di MTS Alhidayah Pondok lombok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik studi pustaka, teknik observasi, teknik analisis, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya interferensi bahasa Jawa dalam pidato bahasa Indonesia pada siswa di MTS Al-Hidayah Pondok Lombok dilihat dari aspek fonologis secara keseluruhan hasil yang didapat diketahui adanya siswa yang masih terpengaruh dengan bahasa daerahnya dan juga terjadi salah ucap yang menyebabkan kesalahan arti. Sebagai masyarakat Jawa yang bahasa pertamanya adalah bahasa ibu yaitu bahasa Jawa sehingga dialek/logat yang khas tidak bisa dilepaskan dalam kegiatan berbicara walaupun sudah menggunakan Bahasa Indonesia. Aspek morfologis secara keseluruhan diketahui ada kesalahan dalam bidang morfologi meliputi, (1) kesalahan pengimbuhan awalan (prefiks), (2) kesalahan pengimbuhan akhiran (sufiks), (3) kesalahan pengimbuhan bersama (simulfik).  

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.