STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Fiona Kirana Oktavia, Izzatusholekha Izzatusholekha

Sari


Pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara merupakan salah satu program pemerintah untuk menjawab tantangan dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dengan fokus analisis kekuatan, kelemahan, peluangan dan ancaman, dalam pengembangan kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penggunakan teknologi yang digunakan di masing-masing daerah untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi aparatur, (2) peraturan dalam penggunaan robot Artificial Intelligence dibuat sehingga tidak terjadi kesenjangan dengan aparatur, (3) mengembangkan teknologi dalam pengembangan kompetensi Aparatur Negeri Sipil, (4) menyusun peraturan daerah sebagai rujukan pengembangan kompetensi yang menggunakan anggaran daerah atau anggaran negara, dan (5) membangun kerjasama dengan Lembaga Pendidikan atau Universitas dalam negeri maupun luar negeri. Adapun saran yang disampaikan, yaitu (1) budaya belajar bagi ASN perlu dilaksanakan sehingga aparatur lebih peka dan sadar akan pentingnya mengikuti Pendidikan dan pelatihan dengan memanfaatkan beasiswa di luar anggaran daerah dengan maksimal dalam rangka pengembangan kompetensi aparatur, (2) perlu adanya pengkajian lebih lanjut terkait penggunaan robot Artificial Intelligence untuk mengganti eselon III dan IV, sedangkan Aparatur Sipil Negara merupakan pembuat, pelaksana dan perencana kebijakan pemerintah, dan (3) pemanfaatan teknologi yang ada untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas aparatur.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BUKU :

Daerah, B. K., & Kediri, K. (2015). KEBIJAKAN HUKUM PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI KOTA KEDIRI (Studi Implementasi Peraturan Walikota Kediri Nomor 1 Tahun 2013 di.

Kata Kunci : Aparatur Sipil Negara, Revolusi industri 4.0, Teknologi. (2014). 02011181621111.

Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2021). Surat Edaran Nomor 28 Tahun 2021 Tentang Pengembangan Kompetensi Bagi Pegawai Negeri Sipil Melalui Jalur Pendidikan. 5, 1–12.

Khatibah. (2011). Penelitian Kepustkaan. Iqra, 05(01), 36–39.

Kunci, K., & Rangkuti, F. (2004). Zuhrotun Nisak.

Negara, B. K. (2022). Statistik PNS Juni 2022. In Badan Kepegawaian Negara (Vol. 4, Issue 1).

Pengembangan Revolusi Industri 4. (n.d.).

Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur IV LAN. (2018). Laporan Kajian Penyusunan Pedoman Umum Pengembangan Kompetensi Teknis di Instansi Daerah. In Lembaga Administrasi Negara (Vol. 53, Issue 9).

Republik Indonesia. (2014). Undang-undang Republik Indonesia No.5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. 1–104.

Republik Indonesia. (2017). Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Situmorang, A. P. (2022). PNS Tergantikan Robot Telah Terjadi, ini Penjelasan BKN. https://www.merdeka.com/uang/pns-tergantikan-robot-telah-terjadi-ini-penjelasan-bkn.html

Sumanti, R. (2018). Kompetensi pegawai negeri sipil (pns) di daerah: tantangan dan peluang 1 developing the competence of civil servants: challenges and opportunities. Jurnal Transformasi Administrasi, 08(02).

Wulandari, D. P. (2021). Strategi Peningkatan Kompetensi Dalam Menyiapkan ASN di Era Revolusi Industri 4.0. Jejaring Administrasi Publik, 13(2), 101–120. https://doi.org/10.20473/jap.v13i2.31830.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v10i2.10129

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin