RESPONSIBILITAS PEMERINTAH DALAM MENGURANGI PATOLOGI BIROKRASI TERKAIT KEPENGURUSAN SERTIFIKAT PERTANAHAN (STUDI KASUS: KELURAHAN KARANG ANYAR, JAKARTA PUSAT)

Lathifa Nurul Fadilah, Evi Priyanti

Sari


Patologi dalam pemerintahan lebih ke arah Pemerintah yang tidak menjalankan tugas dan fungsinya secara semestinya. Penyimpangan yang seringkali dirasakan berupa birokrasi yang lambat hingga masyarakat harus menghadapi pungutan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai responsibilitas dari pemerintah Kelurahan Karang Anyar dalam mengurangi patologi birokrasi ketika mengurus sertifikat pertanahan dengan berlandaskan e-government. Metode yang digunakan berupa kualitatif dengan sistem mewawancarai informan di Kelurahan Karang Anyar. Pihak Kelurahan Karang Anyar memiliki aturan berupa pakta integritas bagi pegawainya demi bisa mengurangi patologi birokrasi. Adanya IPM Sakti membuat warga tidak perlu lagi mengajukan surat rekomendasi sertifikat pertanahan langsung ke kantor Kelurahan Karang Anyar. Pihak Kelurahan menyediakan kotak saran berupa survei setiap tiga bulan sekali bagi warga yang ingin mengajukan saran maupun kritik. Demi mengatasi kegagalan sistem dalam proses pelayanan publik, bisa diminimalisir dengan memeriksa sistem, baik dari sistem komputer maupun jaringan secara berkala.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A’yun, A. Q., & Turtiantoro. (2019). Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Pertanahan di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang Jurnal. Ilmu Sosial Dan Politik, 561(3).

Bazarah, J., Jubaidi, A., & Hubaib, F. (2021). KONSEP PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia) Oleh. Dedikasi, 22(2), 105–122.

Bruno, L. (2019). Pemenuhan Dimensi Pelayanan Publik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Creswell, J. W. (2014). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publication.

Dea, M. H., Arsin, F. X., Kenotariatan, M., Hukum, F., Indonesia, U., Diterima, N., Diterbitkan, N., Pertanahan, P., & Online, B. (2022). Online Dalam Membantu Ppat Menjalankan. Justicia Sains: Jurnal Ilmu Hukum, 06(02), 263–282.

Dedeng Yoesoef Maolani, Amalia Purnama Sari, Arindhini Amalia3, & Cyntia Octavelia Sholeha. (2022). Patologi Birokrasi Dan Upaya Pencegahannya Untuk Menciptakan Birokrasi Yang Efisien. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(1), 47–56. https://doi.org/10.54783/dialektika.v1 9i1.63

Denny Nazaria Rifani. (2021). Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau. Sawala : Jurnal Administrasi Negara, 9(2), 115–124. https://doi.org/10.30656/sawala.v9i2. 3761

Dwi S, A., Indarti, S., & Patrisia, N. E. (2020). PENERAPAN RESPONSIBILITAS DAN TRANSPARANSI LAYANAN PUBLIK ( Sebuah Kajian Ilmu Administrasi). Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(1), 43–48. https://doi.org/10.37676/professional. v7i1.1091

Dwijayanti, A. (2021). The Fungsi Birokrasi sebagai Penasihat Kebijakan: Studi Fenomenologis pada Pemerintah Daerah. Jurnal Administrasi Publik, 17(1), 151–174. https://doi.org/10.52316/jap.v17i1.68

Dwiyanto, A. (2017). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif Dan Kolaborasi (Edisi Kedu). Gadjah Mada University Press.

Endah, K., & Vestikowati, E. (2021). Birokrasi Pemerintahan Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik. MODERAT: Jurnal Ilmiah Ilmu …, 7, 647–656. https://journals.unigal.ac.id/index.php/modrat/article/view/2491 Ikhbaluddin, I. (2021). Pelayanan Publik Berbasis Online Di Desa (Studi Pada Empat Desa Di Kecamatan Jatinangor). Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 3(2), 16–30.https://doi.org/10.33701/jtkp.v3i2.23 09

Lestari, R. A., Santoso, S. A., & Wijaya. (2022). Pelayanan Publik dalam Good Governance. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (Juispol), 2(1), 43–55.

Lestari, Y. D., Nugraha, J. T., & Fauziah, N. M. (2019). PENGEMBANGAN E-GOVERNMENT MELALUI LAYANAN ASPIRASI MASYARAKAT DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN MAGELANG. Jurnal Ilmu Administrasi (JIA), XVI(2), 163–178.

M. Ma’ruf. (2010). Patologi Birokrasi. Jurnal Visioner, 4(3), 1–16.

Maria, A., Hariyati, S., Nurayuni, I., Syarifatus, I., & Rina, A. (2022). IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Penyelenggaraan Pelayanan KTP Elektronik di Kecamatan Pulomerak ). 4, 203–208. Medja, A. A., Rompas, W. Y., & Kolondam, H. (n.d.). PENERAPAN RESPONSIBILITAS KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR PERTANAHAN HALMAHERA BARAT.

Nadila, S. (2021). Implementasi Electronic Government Dalam Mewujudkan Good Governance Dan Smart City. Jurnal Administrasi Nusantara Maha, 3(3).

Prasojo, Ek., & Mawar. (2017). Kualitas pelayanan sertifikat tanah di kantor pertanahan kota administrasi jakarta selatan. Swatantra, 15(1), 34–45.

Ramadhanti, R. (2018). Politik dan Birokrasi Pemerintahan. Jurnal Trias Politika, 2(96. https://doi.org/10.33373/jtp.v2i1.124 2

Rinawati, Muhammad, S., & Saleh, A. (2020). PATOLOGI BIROKRASI DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN MAMASA. Peqguruang: Conference Series, 2(2).

Rusfiana, Y., & Supriatna, C. (2021). Memahami Birokrasi Pemerintahan Dan Perkembangan. In Alfabeta Bandung.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Thoha, M. (2016). Birokrasi & politik di Indonesia (Cetakan ke). Raja Grafindo Persada.

Ummah, M. (2020). Responsibilitas Pelayanan Publik Di Kementerian Agama Republik Indonesia Kantor Kabupaten Luwu Timur.

Widodo, J. (2001). Good Governance Telaah Dari Dimensi Akuntabilitas Dan Kontrol Birokrasi Pada Era Desentralisasi Dan Otonomi Daerah (Cet. 1). Insan Cendekia.

Yayat, R. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2, 56–65.http://eprints.uny.ac.id/17523/1/SKRI PSI FULL.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v10i3.10634

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin