PENGELOLAAN WISATA PANTAI PADANG MELALUI PERDA KOTA PADANG NO. 3 TAHUN 2014: ANALISIS KEBIJAKAN TERHADAP PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA

Nila Wahyuni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan penataan pedagang kaki lima (PKL) di Kawasan Wisata Pantai Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan waktu penelitian dilakukan pada bulan Mei 2023. Penelitian melibatkan 10 informan sebagai sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas implementasi kebijakan penataan PKL memiliki peran penting dalam meningkatkan keberlanjutan pariwisata di Pantai Padang. Strategi Satpol PP dalam melakukan penataan dan penertiban PKL juga menjadi faktor kunci efektivitas implementasi kebijakan tersebut. Selain itu, ditemukan bahwa adanya pendekatan jalan tengah dalam penataan pedagang kaki lima di Pantai Padang saat ini. Pendekatan ini melibatkan negosiasi dan kesepakatan dengan PKL untuk membuka lapak pada waktu terbatas, dengan syarat-syarat tertentu. Hal ini mencerminkan upaya pemerintah dalam mencari solusi yang mengakomodasi kepentingan PKL sekaligus menjaga keberlanjutan pariwisata. Untuk solusi jangka panjang, diperlukan upaya penyediaan area khusus yang memadai bagi PKL. Selain itu, perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi berkelanjutan terhadap implementasi kebijakan penataan PKL untuk memastikan keberhasilannya. Kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan dan sosialisasi yang intensif juga diperlukan dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman PKL tentang pentingnya penataan PKL dalam mencapai pariwisata Pantai Padang yang berkelanjutan. Kata Kunci : Efektivitas Kebijakan; Pariwisata Berkelanjutan; Penataan PKL;Pengelolaan Pariwisata, Strategi Satpol PP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aldimar, M. F., & Fatimah, S. (2023). Eksistensi Pedagang Kaki Lima Di Kawasan Pantai Muaro Lasak Kota Padang Pasca Pengembangan Kawasan Wisata Pantai Padang. Kronologi, 5(1), 369–380.

Anggraini, D. (2017). Analisis Prilaku Pedagang Kaki Lima Terhadap Kawasan Citra Pantai Padang. Jurnal Menara Ilmu, XI(77), 18–24.

Ayu Surinanda, S., & May, E. (2022). Penjaja dan Wisata: Pedagang Kaki Lima di Pantai Padang, 2014-2019. Jurnal Ceteris Paribus, 1(1), 16–21. https://doi.org/10.25077/jcp.v1.i1.16-21.2022

Duwit, B. S., Kumurur, V. A., & Moniaga, I. L. (2017). Persepsi Pedagang Kaki Lima Terhadap Area Berjualan Sepanjang Jalan Pasar Pinasungkan Karombasan Manado. Sabua, 7(2), 419–427.

Fajri, H., Permana, I., Yuliarti, Y., & Wahyuni, N. (2022). Peningkatan keterlibatan stakeholder dalam upaya pembangunan wisata nagari. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(2), 221. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.14055

Fitriana, R., Auliya, A. U., & Widiyarta, A. (2020). Analisis Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima Dalam Perspektif Kebijakan Deliberatif. Jurnal Governansi, 6(2), 93–103. https://doi.org/10.30997/jgs.v6i2.2863

Hadi, U. H. (2021). Tingkat Kesadaran dan Partisipasi Pedagang Kaki Lima Menjaga Kebersihan Taman Rinjani sebagai Ruang Terbuka Hijau. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 5(2), 303–312. https://doi.org/10.29408/geodika.v5i2.4331

Hendriyani, R. M., Yusuf, A., & Lima, P. K. (2023). MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI. Community Development Journal, 4(2), 4089–4098.

Julianti, Firginia, Fifiana Wisnaeni, dan S. (2017). Tinjauan Yuridis Penertiban Pedagang Kaki Lima Kota Magelang Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 13 Tagun 2013 Tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedang Kaki Lima. Diponegoro Law Journal, 6(2), 2–11. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/dlr/article/view/16988

KC, B., Dhungana, A., & Dangi, T. B. (2021). Tourism and the sustainable development goals: Stakeholders’ perspectives from Nepal. Tourism Management Perspectives, 38(April), 100822. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2021.100822

Miranti, A., & Lituhayu, D. (2012). Evaluasi Program Penataan Pedagang Kaki Lima Di Kabupaten Tegal. Kebijakan Publik Dan Manajemen, 1, 50–72. https://ejournal3.undip.ac.id

Oktavian, R. N., & Nawangsari, E. R. (2019). STRATEGI PEMBERDAYAAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) DI SENTRA PKL TAMAN PRESTASI KOTA SURABAYA. PUBLIC ADMINISTRATION JOURNAL, 1(1), 57–66.

Perkins, R., Khoo, C., & Arcodia, C. (2022). Stakeholder contribution to tourism collaboration: Exploring stakeholder typologies, networks and actions in the cluster formation process. Journal of Hospitality and Tourism Management, 52(July), 304–315. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2022.07.011

Purbasari, A. M. (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERTIBAN PEDAGANG KAKI LIMA KABUPATEN SUKABUMI. Jurnal Dialektika Politik, 7(1), 20–32.

Purwoningsih, & Yuliastuti, N. (2014). Pengaruh Aktivitas Pariwisata Pantai Taplau Kota Padang Terhadap Ekonomi, Sosial Masyarakat, Dan Lingkungan. Jurnal Teknik PWK, 3(4), 553–563.

Ridwan, R., Kusmanto, H., Warjio, W., & Kadir, A. (2020). Efektivitas Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja dalam Penertiban Pedagang Kaki Lima di Pasar Peureulak Gampong Keude Kabupaten Aceh Timur. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.31289/strukturasi.v2i1.41

Rizky Siregar, M., & Ridwan, M. (2022). Efektivitas Peran Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Dalam Pelaksanaan Penataan Pedagang Kaki Lima Di Kota Medan. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5), 653–662. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.73

Roxas, F. M. Y., Rivera, J. P. R., & Gutierrez, E. L. M. (2020). Mapping stakeholders’ roles in governing sustainable tourism destinations. Journal of Hospitality and Tourism Management, 45(September), 387–398. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2020.09.005

Ruspianda, R. (2019). Program Pengembangan Kawasan Pariwisata Pantai Purus Kota Padang. Jurnal Planologi Dan Sipil (Jps), 1(1), 80–88. http://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JPS/article/view/100

Sartika, Pirhat abbas, Nurhasanah, & Mardalina. (2019). Strategi Komunikasi Humas Satuan Polisi Pamong Praja Jambi Menjaga Ketertiban Pedagang Kaki Lima. MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 1–20. https://doi.org/10.30631/mauizoh.v3i2.23

Tasya, N. K., Nurasa, H., & Isnawaty, N. W. (2022). Evaluasi Program Relokasi Penataan Dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima Di Teras Cihampelas Kota Bandung. JANE - Jurnal Administrasi Negara, 13(2), 372. https://doi.org/10.24198/jane.v13i2.38232

Taufik, M., Hakim, A., Irawan, B., & Teguh, C. (2020). Peran Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Menertibkan Pedagang Kaki Lima ( Pkl ) Di Taman Siring Kandilo Kecamatan Tana Paser Kabupaten Paser. EJournal Administrasi Publik, 8(3), 9142–9155.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v10i3.11060

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin