TANTANGAN DAN PERAN PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA DALAM MENGHADAPI ERA DISRUPSI KOMPETENSI TENAGA KERJA

Fajar Harry Akbar, Indra Aditya, Rachmat Ramdani

Sari


Penyerapan tenaga kerja yang belum optimal berdampak pada angka pengangguran yang terus meningkat. Perguruan tinggi saat ini menghasilkan tenaga kerja yang tidak sesuai dengan kebutuhan industri. Otomatisasi yang dilakukan oleh artificial intelligence telah menggantikan beberapa pekerjaan. Disrupsi ini memberikan dampak perubahan secara fundamental. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan peran perguruan tinggi dalam menghadapi tantangan serta menyongsong era disrupsi kompetensi tenaga kerja. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif penelitian ini menjadikan observasi dan literature review sebagai teknik pengumpulan data. Data sekunder ini didapat dengan menjelajahi artikel dan jurnal secara online. Di masa depan diperlukan tenaga kerja yang terampil dan adaptif, perkembangan dunia industri harus mampu dikejar oleh lembaga pendidikan. Perubahan kebutuhan akan kompetensi tenaga kerja, mendorong terciptanya. program kampus merdeka. Berinteraksi langsung dan melihat bagaimana industri bekerja diharapkan dapat mengikis jurang kesenjangan selama ini. Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan dan bukan menjadi ancaman. Perguruan tinggi mendorong mahasiswa untuk dapat kreatif dan adaptif menemukan peluang jenis pekerjaan di masa depan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Fikri, H. M. (2021). PELUANG DAN TANTANGAN PERGURUAN TINGGI MENGHADAPI REVOLUSI DIGITAL DI ERA SOCIETY 5.0. 350–355.

Aryati, S. (2019). Tantangan perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 811–818.

Astriani, V., & Nooraeni, R. (2020). Determinan Pengangguran Lulusan Perguruan Tinggi Di Indonesia Tahun 2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(1), 31–37. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n1.p31-37

CNN. (2021). Kemendikbud: Lulusan Kampus Tertinggal 5 Tahun dari Industri. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210914193855-20-694311/kemendikbud-lulusan-kampus-tertinggal-5-tahun-dari-industri

Handayani, T. (2015). Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi Di Indonesia Dengan Kebutuhan Tenaga Kerja Di Era Global. Jurnal Kependudukan Indonesia, 10(1), 53. https://doi.org/10.14203/jki.v10i1.57

Hartanto, F. C., Rusdiarti, & Abdurrahman. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4 . 0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 163–171.

Kemendikbudristek. (2022). Kolaborasi Pendidikan dan Ketenagakerjaan, Kontribusi Terbaik Pulih dari Krisis Global. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kolaborasi-pendidikan-dan-ketenagakerjaan-kontribusi-terbaik-pulih-dari-krisis-global

Kusnandar, V. B. (2023). Ada 673 Ribu Pengangguran Lulusan Universitas pada Agustus 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/10/ada-673-ribu-pengangguran-lulusan-universitas-pada-agustus-2022

Lian, B. (2019). Revolusi Industri 4.0 dan Disrupsi, Tantangan dan Ancaman bagi Perguruan Tinggi. PROSIDING SEMINARNASIONAL PENDIDIKAN PROGRAMPASCASARJANAUNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 2, 40–45. https://jurnal.univpgri

palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2512/2323

Mali, M. G. (2020). INTERNASIONALISASI KAMPUS SEBAGAI STRATEGI PERGURUAN TINGGI DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Manajemen Publik & Kebijakan Publik, 2(1), 68–78.

Mariati. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora 2021, 747–758. https://doi.org/10.53695/SINTESA.V1I1.405

Marliana, L. (2022). Analisis Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia, Pertumbuhan Ekonomi dan Upah Minimum terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 87. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.490

Maryati, S. (2015). Dinamika Pengangguran Terdidik: Tantangan Menuju Bonus Demografi Di Indonesia. Economica, 3(2), 124–136. https://doi.org/10.22202/economica.2015.v3.i2.249

Nurdin, I. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.

Pakpahan, R. (2021). Analisa Pengaruh Implementasi Artificial. Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(2), 506–513. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.616

Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN TANTANGAN PERUBAHAN SOSIAL. IPTEK Journal of Proceedings Series, 5, 22–27. http://iptek.its.ac.id/index.php/jps/article/view/4417

Rahmawati, K. R. (2023). Jangan Kaget, 27% Pekerjaan Bisa Digantikan dengan Robot AI. https://economy.okezone.com/read/2023/07/13/320/2845579/jangan-kaget-27-pekerjaan-bisa-digantikan-dengan-robot-ai

Sedyati, R. N. (2022). Perguruan Tinggi Sebagai Agen Pendidikan dan Agen Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 16(1), 155–160. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.27957

Seran, S. (2017). Hubungan Antara Pendidikan, Pengangguran, dan Pertumbuhan Ekonomi dengan Kemiskinan. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 10(2), 59–71.

Sudarmaji, H., Prasojo, G. L., Rubiono, G., & Arif, R. (2021). Pendidikan Vokasi Aviasi : Peluang dan Tantangan. Jurnal Aviasi Indonesia, 1(1), 1–6. http://ejournal.icpa-banyuwangi.ac.id/index.php/skyhawk/article/view/1

Supriati, & Handayani, T. (2018). Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Penempatan Kerja. Journal of Applied Business Administration, 2(2), 218–227. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i2.1121

Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(2), 109–118. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v10i2.11357

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin