IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPANDUDUKAN MELALUI E-OPEN DI KOTA BEKASI (Studi Kasus Pada Kelurahan Pengasinan Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi)

Fitri Aulia Jihadi, Hanny Purnamasari

Sari


Seiring dengan semakin majunya teknologi informasi dan komunikasi, sistem pelayanan yang selama ini diterapkan berbagai instansi pemerintah mulai bergeser menjadi sebuah sistem pelayanan yang berbasis elektronik. Penggunaan elektronik diinstansi pemerintah adalah dalam rangka mendukung good governance dan mempercepat proses demokrasi. Sejalan dengan adanya hal tersebut, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Bekasi membuat sebuah pelayanan Administrasi Kependudukan berbasis elecrtonik yaitu e-Open. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan implementasi kebijakan pelayanan administrasi kependudukan melalui e-Open terkait ketepatan kebijakan, ketepatan pelaksanaan, ketepatan target dan ketepatan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, studi pustaka, dan observasi langsung kelapangan. Hasil dari penelitian ini bahwa keuntungan yang dirasakan oleh masyarakat terhadap impelementasi kebijakan pelayanan melalui e-Open belum merata dimana tidak semua kriteria handphon yang dapat menginstal aplikasi e-Open hanya android saja yang dapat menginstalnya, selain itu aplikasi e-Open belum bisa diakses secara mandiri oleh masyarakat, untuk mendapatkan dokumen yang di urus dalam penyelesaiannya tidak sesuai dengan estimasi waktu yang telah diajukan diawal, aplikasinya suka erorr menyebabkan pelayanan ADMINDUK yang diajukan masyarkat sedikit terhambat. Hal ini yang menyebabkan implementasi kebijakan pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi e-Open belum optimal. Kata Kunci : e-Open, Impelemtasi Kebiajakan, Pelayanan Administrassi Kependudukan 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andayaningsih Hernaman.(2018). Evaluation of In Vitro Digestibility of Dried Matter and Organic Matter of Solid Waste of Bioethanol Fermentation from Cassava by Trichoderma Viride Andsaccharomyces Cerevisiae. Journal of Asian Scientific Research, Vol.5.18)

Kadji, Yulianto. (2015) Formulasi dan Implementasi Kebijakan Publik. Gorontalo: Universitas Negri Gorontalo Press

Ridwan, M., & Nurhakim, S. (2014). IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT DALAM MEWUJUDKAN TRANSPARAN

Rukayat, Y (2017). Kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di kecamatan pasirjambu. 2, 56–65.

Priharini, Fenti,T., dkk (2022). INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI E-GOVERNMENT. IX(1), 254–263.

Sugiono. (2010). Teknik Analisis Data suatu penelitian. Journal Of Chemical Information and Modeling, 16889-1699.

Turahmawati, L., Suryani, E., Studi, P., & Pemerintahan, I. (2022). INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI e-Open PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA BEKASI PUBLIC SERVICE INNOVATION BASED ON e-Open APPLICATION AT DINAS. 13(1), 23–32.

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government.

Keputusan Wali Kota Bekasi Nomor: 470/Kep.609-Disdukcapil/XII/2020 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan melalui E-Open di Kota Bekasi




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v10i2.11469

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin