INOVASI PELAYANAN ADMINISTRATIF DI DESA SUMBERJAYA KECAMATAN CIHAURBEUTI KABUPATEN CIAMIS

Yusnia Yusnia, Muhammad Risyanul Hakim Athallah, Etih Henriyani

Sari


Pelayanan administratif merupakan salah satu syarat utama bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan publik lainnya. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui inovasi pelayanan Administratif Di Desa Sumberjaya Kecamatan Cihaurbeuti dan untuk mengetahui apa saja kendala dalam inovasi pelayanan publik di bidang administrasi.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi dengan teknik analisis data kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori atribut inovasi Menurut Rogers yang dikutip oleh Suwanto (2008) Mengatakan bahwa Inovasi mempunyai 5 atribut atau karakteristrik yaituKemanfaatan (relativeadvantag), kesesuian (Compatibility), Kompleksitas (Complexity), Aplikasi (Triability), Pengamatan (Observability). Hasil penelitian menjelaskan bahwa penyelenggaraan pelayanan administrasi di Desa Sumberjaya Kecamatan Cihaurbeuti telah dilakukan dengan baik oleh aparatur Desa. Masyarakat merasakan atas pelaksanaan pelayanan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, dimana pelayanan telah dirasakan dengan berbagai kemudahan. inovasi pelayanan administartif di Desa Sumberjaya Kecamatan Cihaurbeuti secara umum sudah bagus namun ada beberapa hal yang harus lebih ditingkatkan, terdapat permasalahan-permasalahan yang terjadi yang dibuat tidak dapat berjalan secara optimal, seperti terdapat masyarakat yang belum bisa mengakses secara online atau dengan kata lain masih banyak masyarakat yang belum memahami internet untuk mendaftar secara online, Jumlah operator untuk pengaplikasian aplikasi SIMPELDES masih Rendahnya pemahaman masyarakat tentang persyaratan pengurusan administrasi kependudukan.Kata kunci: Inovasi; Pelayanan; Aplikasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku:

Ahmad, Nursari (2022). INOVASI PELAYANAN BERBASIH APLIKASI DIGITAL DESA (digides) DI DESA MADELLO KECAMATAN BALUSU KABUPATEN BARU. (Skripsi sarjana, Universitas Muhammadiyah Makasar)

Musaddad, A. A., Faizin Ahzani, W. K., Susilowati, M., & Arif, L. (2020). Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Syntax Transformation, 1(6), 206-213.

Saputri, S., & Meirinawati, M. (2022). Inovasi Pelayanan Ning Yaonah (Nikmatnya Ngantri Dan Pelayanan Online Mudah) Untuk Menciptakan Kepuasan Masyarakat Oleh Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Jombang. Publika, 123-134.

E-Jurnal:

Aufarul, M. (2015). Inovasi Birokrasi Pelayanan Publik Bidang Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Di Kabupaten Kudus. Manajemen Dan Kebijakan Publik,

Everett M. Rogers (1983)., Diffusion Of Innovations, the free fress, New York

HUTAGALUNG, Simon Sumanjoyo Membangun Inovasi Pemerintah Daerah/oleh Simon Sumanjoyo Hutagalung & Dedy Hermawan. --Ed.1, Cet. 1--Yogyakarta: Deepublish, Juni-2018.

Muluk, M. R. K. (2008). KNOWLEDGE MANAGEMENT: Kunci Sukses Inouasi Pemerintahan Daerah (Cetakan Pertama). Malang: Bayumedia

Pasolong, Harbani (2010), Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung

Soraya, T. (2019). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Online di Kabupaten Pati. Astuti, Puji, 1–10.

Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta. STIA -LAN Press Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi, Dilengkapi dengan metode R&D. Bandung: Alfabeta.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v10i2.11725

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin