STRATEGI DINAS PERUMAHAN RAKYAT KAWASAN PERMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEBERSIHAN DI KABUPATEN CIAMIS

Dais Alawiyah, Restu Aji Pamungkas, Eet Saeful Hidayat

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya pelayanan kebersihan di Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis, dalam memberikan pelayanan kebersihan kepada masyarakat masih belum optimal hal ini dikarenakan masih banyaknya sampah yang berserakan, dan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana Strategi Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Dalam Meningkatkan Pelayanan Kebersihan di Kabupaten Ciamis. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan jumlah informan 5 (lima) orang , sedangkan data sekunder diperoleh dari studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang berdasarkan pada 4 dimensi analisis SWOT. Menunjukan bahwa strategi Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Dalam Meningkatkan Pelayanan Kebersihan di Kabupaten Ciamis masih belum optimal, dimana masih terdapat hambatan diantaranya tidak teraturnya pengangkutan sampah dari perumahan, belum meratanya penataan kawasan tanpa kumuh, aplikasi pengaduan pelayanan yang berbelit-belit. Adapun upaya yang dilakukan dengan cara melibatkan stakeholder seperti Dinas KB, DPMD dan perusahaan.Kata kunci: Strategi, Pelayanan, Kebersihan. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku- buku

Sedarmayanti. (2018). Manajemen Strategi. Bandung. PT Refika Aditama.

Hiplunudin, Agus. (2017). Kebijakan, Birokrasi dan Pelayanan Publik. Yogyakarta: Calpulis.

Skripsi

Bahri, Syaiful. (2015). STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH OLEH DINAS KEBERSIHAN PERTAMANAN DAN PEMAKAMAN KABUPATEN TANGERANG. Skripsi : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang.

Undang-undang

Peraturan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v10i2.11744

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin