INOVASI PELAYANAN KEPENDUDUKAN OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJAR

Nissya Amelia, Meida Nur Azizah, Wawan Risnawan

Sari


Pelayanan administrasi kependudukan merupakan sebuah kewajiban dari negara, yang mana tugas dan fungsi tersebut dijalankan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.  Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Karakteristik deskriptif dalam penelitian kualitatif.      Inovasi-inovasi yang dilakukan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Banjar tersebut cukup banyak diantaranya yaitu, PADUSARI (Pelayanan Terpadu Satu Hari), SIMADURASA (Sistem Informasi Manajemen Administrasi Kependudukan Kelurahan Dan Desa), JEBOL (Jemput Bola), KERETA SIPIL (Kegiatan Rekam Cetak KTP Siaga Hak Pilih Pemilu), PAK ONOM (Pelayanan Administrasi Kependudukan Online One Time), ADM (Anjungan Disdukcapil Mandiri), dan Pelayanan Terintegrasi.  Dilihat dari pendapat Rippetoe & Rogers tentang dimensi-dimensi inovasi, dapat diketahui bahwa inovasi-inovasi yang dilakukan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Banjar memiliki karakteristik yang berbeda-beda antara satu inovasi dengan inovasi yang lainnya, akan tetapi memiliki fungsi dan tujuan yang sama. Sehingga dapat meningkatkan kepuasan bagi pengguna jasa pelayanan. Untuk itu, dapat diketahui inovasi pelayanan kependudukan yang dilakukan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Banjar sangat memberikan kontribusi yang positif untuk pengguna jasanya.Kata kunci: Inovasi, Pelayanan Kependudukan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Prabowo Hadi dkk. 2022. Inovasi Pelayanan Pada Organisasi Publik. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Skripsi

Rianpradik. 2022. Inovasi Pelayanan Kependudukan pada Disdukcapil kabupaten Lombok Utara. Skripsi Universitas Muhammadiyah Mataram. Lombok Utara.

Pujuastuti. 2019. Inovasi Pelayanan Administrasi Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Luwu Utara. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar. Luwu Utara.

Website

H YUNIARTI. 2020. Analisis Pengaruh Pelayanan Terintegrasi, Service, Recovery dan Price Discount Terhadap Kepuasan Pelanggan di Workshop. Universitas Binaniaga Indonesia. Diakses pada 26 Juli 2023 melalui http://fekbis.repository.unibin.ac.id/id/eprint/173/3/BAB%20II%20Tinjauan%20Pustaka.pdf

Undang-Undang

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v10i2.11752

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin