KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA PANANJUNG KECAMATAN PANGANDARAN KABUPATEN PANGANDARAN

Pamela Anugrah, Kustiawan Kustiawan, Lina Marliani

Sari


Belum optimalnya peran pemerintah desa dalam menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat serta mensejahterakan masyarakat desanya adalah potret buram tata kelola yang menjadi bagian persoalan mendasar ditengah desakan tuntutan publik terhadap peningkatan kualitas pelayanan di semua sektor. Pada tataran realitas dalam proses penyelenggaraan pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah desa masih terjadi kesenjangan yang cukup lebar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan administrasi kependudukan di desa Pananjung kecamatan Pangandaran kabupaten Pangandaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitiannya adalah kualitas pelayan administrasi kependudukan di desa Pananjung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan administrasi kependudukan di desa Pananjung belum oftimal karena dalam proses pemberian layanan ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat khususnya yang berhubungan dengan dimensi tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), dan competence (kompeten), yang antara lain masih terbatasnya penyediaan sarana dan prasarana pendukung layanan serta kurangnya keterbukaan informasi kepada masyarakat mengenai prosedur pelayanan, dan kompetensi petugas yang belum memadai. Sedangkan dalam dimensi responsiveness (pertanggungjawaban), courtesy (sopan), credibility (jujur), security (aman), access (kemudahan), communications (komunikasi), dan understanding the customer (mengerti akan pelanggan) telah berjalan dengan baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sedarmayanti, 2013, Reformasi Administrasi Publik Reformasi Birokrasi Dan Kepemimpinan Masa Depan, Bandung: Reflika Aditama.

Arikunto, Suharsimi. 2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Barata, Atep Adya. 2003. Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Gramedia. Pustaka.

Boediono, 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset

Hadari, Nawawi. 2001. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Hardiansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hardiansyah, 2018. Kualitas Pelayanan Publik (edisi revisi). Yogyakarta: Gava Media.

Moleong, L. J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja.

Mustari, M. 2011. Nilai Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo

Pasolong, Harbani. 2013. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Reflika Aditama

Sugiyono, 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: PT Alfabet.

Sinambela, L. P. (2011). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarno, Surakhmad. 2004. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Tarsito

Danial Ndilu Hamba Banju, 2019, Pelayanan Pemerintah Desa Dalam Pengurusan Administrasi Kependudukan

Muhammad Rizky Faisal, 2017, Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Mamuju Tengah

Rahma Yunita, 2017, Studi Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Bukit Makmur Kecamatan Kaliorang Kabupaten Kotai Timur, eJournal Pemerintahan Integratif, Volume 5 Syahdan, 2018, Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Kali Kecamatan Biau Kabupaten Buol, Volume 6 Nomor 6 juni 2018.

Administrasi Kependudukan, diakses di https://media.neliti.com pada 21 April 2021

Unsur-unsur dan Ciri-ciri Pelayanan Publik, diakses di www.Kajianpustaka.com, pada 13 Juli 2021

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik

Peraturan pemerintah Nomor 40 Tahun 2019 tentang pelaksanaan UU 23 tahun 2006

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah

Undang-Undang No.23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan

Peraturan pemerintah Nomor 47 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

PAN Nomor 63/ KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik sebagai penyempurnaan Keputusan Men. PAN Nomor 81 Tahun 1993 tentang Pedoman Tatalaksana Pelayanan Umum.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2016 Tentang Administrasi Pemerintahan Desa

Peraturan pemerintah Nomor 40 Tahun 2019 tentang pelaksanaan UU 23 tahun 2006




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v10i3.11755

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin