ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KELUARGA BERENCANA DI KAMPUNG KB KALURAHAN AMBARKETAWANG (Studi Kasus Padukuhan Bodeh Kalurahan Ambarketawang Kepanewon Gamping Kabupaten Sleman)

Eryan Prasetya, Gerry Katon Mahendra

Sari


Program Keluarga Berencana sudah diakui menjadi satu dari beberapa program yang sukses pad aaspek hal kesehatan reproduksi serta berdampak signifikan pada pertumbuhan penduduk di Indonesia. riset ini memiliku tujuan guna melihat deskripsi kualitas pelayanan KB di Kampung KB Padukuhan Bodeh Kalurahan Ambarketawang Gamping Sleman. Tipe riset ini ialah riset deskriptif kuantitatif mengunakan metode cross sectional. Sampel adalah bapak dan ibu peserta KB di Kampung KB Padukuhan Bodeh Ambarketawang Gamping Sleman. Pengukuran kualitas pelayanan menggunakan aspek kualitas pelayanan tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy dengan skala Likert. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan deskripsi kategorik. Hasil riset ini memiliki tujuan guna melihat kualitas pelayanan KB yang melingkupi aspek tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty di Kampung KB Padukuhan Bodeh Kalurahan Ambarketawang.Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kampung KB, Kalurahan Ambarketawang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 83–101.

Asnani, & Shodiq, M. (2022). Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Kampung Berkualitas Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bestari, 2(2), 1–9.

Endartiwi, S. S., & Kusumaningrum, I.D. (2021). Kualitas dan Keberlanjutan Pelayanan KB pada Era Jaminan Kesehatan Nasional dalam Mencapai Universal Health Coverage di Yogyakarta. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 24(4), 286–296.

Hidayati, E. (2017). Kesehatan Perempuan dan Perencanaan Keluarga. Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Irianto, K. (2014). Pelayanan Keluarga Berencana Dua Anak Cukup. Bandung: Alfabeta.

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Laput, D. O., Manongga,S. P., Muntasir, Prinata, E., Senudin, K. P., & Nanur, N. F. (2021). Factors Predicting of the Implant Contraceptive Used as Family Planning Method among Mothers in Wae Mbeleng Public Health Center Ruteng Sub Distric. International Journal of Nursing and Health Service, 4(1), 97–111. https://www.ijnhs.net/index.php/ij nhs/article/view/367

Lombu, A. P. S. (2020). Tingkat Pengetahuan Akseptor Keluarga Berencana tentang Metode Operasi Wanita (MOW) di Puskesmas Hilisalawa’ahe Kabupaten Nias Selatan Tahun 2020. STIKES Santa Elisabeth.

Maulana, J. F. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Kampung Keluarga Berencana dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Kelurahan Air Dingin Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru (Studi Pada Kelompok Kegiatan Bina Keluarga Balita). PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 7(1), 64–73. https://doi.org/10.25299/jiap.2021. vol7(1).6778

Pasinringi, T. (2021). Mitos dan Kinerja Pemerintah yang Belum Maksimal Hambat Pelaksanaan program KB. https://magdalene.co / story / mitos dan-kinerja-pemerintah-yang-belum maksimal - hambat - pelaksanaan program-kb.

Putra, E. M., Yudadibrata, & Safitri, R. (2019). Efek Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen PT Arthabuana Margausaha Finance Cabang Batam. JIAGANIS, 2(2), 114–136.

Rahim, R. (2018). Evaluation of “Lorong KB” (Family Planning Neighborhood) Program Among Fertile Couples in Makassar City, Indonesia (Case Study in Three Lorong KB at Tallo Sub-District). International Journal of Advanced Research, 6(7), 1237–1243. https://doi.org/10.21474/ijar01/748 1

Rahma, A. L., Wati, D. M., & Baroya, N. (2015). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan KB Antara Puskesmas Tekung dan Puskesmas Randuagung di Kabupaten Lumajang. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa Universitas Jember, 18.http://repository.unej.ac.id/bitstrea m/handle/123456789/75992/Dian Pratiwi 132310101064 1.pdf?sequence=1

Sudana, I. K., Anggreni, N. L. P. Y., & Indrawan, I. P. E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Kober Mie Setan. Widyadari, 22(2), 555–561.

Sutarni. (2020). Efektivitas Program Kampung KB (Keluarga Berencana) dalam Membentuk Keluarga Sejahtera di Dusun Borong Ampirie Desa Kalommake Camatan Tellulimpoe. Institut Agama Islam Muhammdiyah Sinjai.

Telaumbanua, E., Rochadi, R. K., Ketaren, O., Silitonga, E.M., Sinaga, J., & Sinaga, T. R. (2022). Implementasi Program Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB) di Kabupaten Nias Utara. PREPOTIF :Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 1547-1553. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4563

Tursilowati, S. Y., Astuti, B. W., & Julaikah, J. (2021). Karakteristik Penggunaan Kontrasepsi di Kampung KB Kota Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Indra Husada, 9(1), 10–17.

Wijaya, A. (2019). Manhāj Majelis Tarjih Muhammadiyah dalam Transformasi Hukum Islam (Fatwa). Al-Risalah, 19(1), 67–77. https://doi.org/10.24252/alrisalah.v19i1.9688

Yusuf, M., & Rahmawati. (2019). Hubungan Karakteristik Geografi Keluarga terhadap Pemilihan Alat Kontrasepsi Perempuan di Kta Serang. Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies, 3(2), 671–683.http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JIPAGS/article/view/5484




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v10i3.12209

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin