PENGEMBANGAN DIGITALISASI BUMDES DI KABUPATEN TASIKMALAYA (STUDI KASUS BUMDES MAKMUR ABADI SEJAHTERA DI DESA PASIR BATANG)

Dian Herlina, Andi Andi

Sari


Pengembangan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) Makmur Abadi Sejahtera menjadi semakin penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di tingkat desa. Digitalisasi telah diakui sebagai solusi strategis untuk mengoptimalkan operasional BUMDES dan memperluas dampak positifnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan pengembangan digitalisasi BUMDES di Desa Pasir Batang, Kabupaten Tasikmalaya,Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus sebagai kerangka utama. Melalui wawancara mendalam dengan anggota BUMDES, pemerintah desa, dan masyarakat, serta observasi langsung terhadap implementasi digitalisasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa  masih adanya hambatan-hambatan dalam  keterbatasan teknologi dan akses internet, kurangnya keterampilan digital , perubahan Budaya dan mindset, biaya Implementasi, keamanan data dan privasi, kesesuaian dengan kebutuhan lokal, perubahan sosial-ekonomi, penerimaan dan partisipasi masih rendah Temuan ini bisa menjadi bahan pertimbangan atau focus pengembangannya bagi desa-desa lain yang ingin mengadopsi digitalisasi sebagai alat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi lokal. Kesimpulan dalam  Pengembangan digitalisasi BUMDES Makmur Abadi Sejahtera Desa Pasir Batang Kabupaten Tasikmalaya  belum berjalan dengan semestinya  dalam menjawab tantangan perkembangan zaman. Oleh karena itu, upaya untuk mengembangkan digitalisasi BUMDES Desa Pasir Batang harus terus didorong melalui kerjasama antara pemerintah dengan lembaga Pendidikan Tinggi yang ada di sekitar wilayah Tasikmalaya dan sektor swasta.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mayasari, R., Febriantoko, J., Putra, R. R., Hadiwijaya, H., & Kurniawan, D. (2022). Digitalisasi Desa: Pilar Pembangunan Ekonomi Desa. Penerbit NEM.

Pedersen, C., Lund dan Ritter, T. (2020). Preparing Your Business for a Post-Pandemic World.Hardvard Business Review

Rahmayani, D., Marpaung, G. N., & Yuliani, R. (2023). Digitalisasi Produk Unggulan Desa Wisata: Kajian Teori dan Empiris. Penerbit NEM.

Shrivastava, D. (2017). Factors Affecting Work Life Balance – A Review. Pacific Business Review International, 9(7), 194–200

Sugiyono, (2013).Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung:ALFABETA.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2010 tentang Badan Usaha Milik Desa

https://id.wikipedia.org/wiki/Badan_usaha_milik_desa

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 (PP 11 Tahun 2021) tentang Badan Usaha Milik Desa




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v10i3.12605

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin