IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERTIBAN PEDAGANG KAKI LIMA DI KOTA BANDUNG

Sunandie Eko Ginanjar, Hendra Permana, Putri Astiti, Dea Melati, Jiwa Riwayanti

Sari


Pedagang Kaki Lima merupakan fenomena umum yang terjadi di kota-kota besar Indonesia. Kasus PKL dinilai banyak pihak sebagai suatu bentuk dari kegagalan pemerintah menyediakan lapangan kerja untuk kaum miskin. Kota Bandung merupakan salah satu kota yang juga banyak dihuni oleh para PKL. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Keberadaan PKL di Kota Bandung telah menimbulkan banyak permasalahan, diantaranya membuat kota menjadi tidak tertib, kotor dan menimbulkan kemacetan. Tindakan penertiban telah dilakukan oleh aparatur Satpol PP. Kegiatan penertiban yang dilakukan oleh para aparatur penertiban biasanya dalam bentuk pengusiran terhadap para PKL tersebut. Tidak jarang juga aparat penertiban melakukan penggusuran dan penyitaan terhadap tempat berjualan PKL yang masih membandel dan tidak mendengarkan para petugas. Penertiban PKL di Kota Bandung selama ini dilakukan belum berjalan dengan maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: (1) Belum adanya hukuman yang tegas terhadap para PKL yang masih tetap berjualan dipinggir jalan walaupun telah berulang kali diperingatkan oleh petugas. Hukuman yang diberikan hanya bersifat administratif atau teguran-teguran, pengusiran dan penyitaan barang PKL untuk sementara waktu. (2) Pemerintah Kota Bandung belum konsisten dan kompak dalam menyikapi keberadaan PKL, terlihat dengan dilakukannya kutipan retribusi terhadap para PKL yang berjualan di pinggir jalan, sedangkan keberadaan PKL dilarang. Kata Kunci : Implementasi; Kebijakan; Pedagang Kaki Lima

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abimanyu, A. F. (2023). Implementasi Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Ketertiban Umum (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima Di Waterfront Kota Pontianak) (Doctoral dissertation, IPDN).

Arbiani, E. M., Azhar, A., & Mahdum, M. (2019). Implementasi Kebijakan Penataan dan Pemerataan Berdasarkan Beban Kerja Guru SMA Negeri di Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, 3(2), 104-115.

Mahin, M. (2023). IMPLEMENTASI TUGAS KOMISI A DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH. FOKUS: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, 21(1).

Qomariyah, S. N. (2023). Implementasi Manajemen Tenaga Kependidikan di MTs Darul Maghfiroh Sinar Rejeki Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023. TARBIYAH JURNAL: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(02), 841-850.

Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30(2), 129-153.

Putra, E. R. A. (2023). Peran Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Menertibkan Bangunan Liar Pedagang Kaki Lima (Pkl) Di Pasar Senin Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci (Studi Kasus Di Satpol Pp Dan Damkar Kabupaten Kerinci): Endi Rozal. Jurnal Administrasi Nusantara Maha, 5(4), 386-397.

Khadafi, M. (2019). Penertiban Pedagang Kaki Lima di Kawasan Masjid Raya Baiturrahman (studi Implementasi Qanun Kota Banda Aceh Nomor 3 Tahun 2007 tentang Pengaturan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

I Arba, H. M. (2021). Hukum pengadaan tanah untuk kepentingan umum. Sinar Grafika (Bumi Aksara).

Sundari, T. (2021). Strategi pengembangan taman kuliner Tunggal Sangomang berbasis seafood di Kota Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Qomariyah, S. N. (2023). Implementasi Manajemen Tenaga Kependidikan di MTs Darul Maghfiroh Sinar Rejeki Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023. TARBIYAH JURNAL: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(02), 841-850.

Peraturan Perundang-Undangan :

Peraturan Daerah Kota Bandung No. 4 Tahun 2011 Tentang Penataan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima

Peraturan Walikota Bandung No. 888 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Bandung No. 4 Tahun 2011 Tentang Penataan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima

Peraturan Walikota Bandung No. 571 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Peraturan Walikota Bandung No. 888 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Bandung No. 4 Tahun 2011 Tentang Penataan dan Pembinaan Pedagang Kaki




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v10i3.12686

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin