PENGEMBANGAN WISATA BUDAYA BERBASIS MASYARAKAT PADA SITUS CIUNG WANARA DI KABUPATEN CIAMIS

Asep Nurwanda, Elis Badriah

Sari


Sektor wisata budaya berbasis masyarakat merupakan salah satu potensi yang sampai saat ini terus dikembangkan sebagai sumber pendapatan. Pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat adalah menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dengan pemberdayaan masyarakat dalam berbagai kegiatan kepariwisataan sehingga pemanfaatan kepariwisataan sebesar-besarnya diperuntukkan untuk masyarakat. Dalam perspektif state of the art of management, maka orkestrasi pembangunan kepariwisataan ditentukan oleh faktor : skala, kapasitas, kompleksitas dan sinergi.  Setiap destinasi pariwisata yang memiliki entitas spasial, bisnis, sosial budaya dan lingkungan, memerlukan pendekatan sistemik dalam integrasi ekosistem kepariwisataan untuk menjamin kualitas aktivitas, fasilitas dan pelayanan yang optimal.  Situs adalah daerah temuan benda-benda purbakala. Salah satu situs budaya Sunda adalah Situs Ciung Wanara  terletak di Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.Situs Ciung Wanara  merupakan situs cerita Ciungwanara dari masa Hindu-Buddha. Banyak terdapat tinggalan-tinggalan kebudayaan kuno di situs ini. Ragam peninggalan yang terdapat dalam situs ini merupakan kekayaan budaya lokal yang merupakan bagian dari sejarah Kabupaten Ciamis. Kecenderungan masyarakat modern kini banyak melupakan warisan kearifan-kearifan budaya lokal tersebut, terutama warisan dari cara berpikir lokal yang memiliki nilai terbaik yang merupakan norma masyarakatnya. Hasil penelitian terdapat sekitar sembilan buah benda seni rupa yang memiliki bentuk berupa tatanan batu-batu bujur sangkar atau segi empat dengan batu berdiri dan batu pipih terhampar. Pada dasarnya ada dua jenis bentuk, yakni segi empat dan lingkaran, batu berdiri dan batu pipih terhampar di tanah dan memiliki makna filsafat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Herdiansyah. 2019. Pemberdayaan Desa Dalam Meningkatkan Profesionalisme Kerja di Desa Ciung Wanara Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. 6(1), 50-59.

Asep Ridwan Kurniawan. 2021. Perencanaan dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Wisata Pendidikan Ciung Wanara. 7(1), 1-11.

Yeni Meriyani. 2019. Politik Pariwisata Dalam Pengembangan Sektor Wisata Ciung Wanara Ciung Wanara Kabupaten Ciamis.

Dinda Rachma. 2015. Situs Ciung Wanara Tempat Legenda Ciungwanara. https://alampriangan.com. (diakses pada 24 Maret 2022).

Hutricika. 2020. Situs Ciung Wanara Sebagai Saksi Kehidupan Kerajaan Galuh. https://tapak.id (diakses pada 24 Maret 2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v10i3.12753

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin