ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA DESA BOROBUDUR, KECAMATAN BOROBUDUR, KABUPATEN MAGELANG DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA

Nadhiya Agustina, Tri Asih Wismaningtyas

Sari


Kepala desa berperan penting dalam proses pembangunan sebuah desa, sebagai penggerak, pelaksana, pengawas, dan pembuat keputusan. Gaya kepemimpinan kepala desa mempunyai peran penting dalam pengembangan dan pengelolaan desa. Namun, dalam prosesnya, belum semua masyarakat memiliki motivasi yang sama dan mendukung ide Kepala Desa Borobudur dalam pengembangan Desa Borobudur sebagai desa wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis gaya kepemimpinan kepala Desa Borobudur dalam pengembangan desa wisata melalui pendekatan gaya kepemimpinan transformasional dengan berdasarkan aspek pengaruh idealis, inspirasi motivasi, stimulasi intelektual, dan dukungan individual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Lokasi penelitian berada di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Hasilnya menunjukan jika Kepala Desa Borobudur telah mencerminkan aspek-aspek pengimplementasian kepemimpinan transformasional. Dimana aspek-aspek tersebut yaitu pengaruh idealis atau kharisma (idealized influence), inspirasi motivasi (inspirational motivation), stimulasi intelektual (intellectual stimulation), dan dukungan individual (individual consideration). Kepala Desa Borobudur telah memberikan gagasan untuk membentuk Kampung Tematik sebagai salah satu upaya pengembangan desa wisata. Akan tetapi, kendala masih saja ditemui seperti tidak semua masyarakat merespon dengan baik karena masih ada juga masyarakat yang enggan untuk bergerak, serta belum adanya alokasi anggaran untuk pengembangan desa wisata.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik. (2022). Indikator Kesejahteraan Rakyat. Jakarta: CV Daffa Putra. Available: download.html (bps.go.id).

Creswell, John W. (2017). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faris Zakaria, R. D. (2014). Konsep Pengembangan Kawasan Desa Wisata di Desa Bandungan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Jurnal teknik POMITS, 246-247.

Gumelar, S Sastrayuda. (2010). Konsep Pengembangan Kawasan Agrowisata.

L James. Gibson et al. (2004). Organisation: Behaviour, Structur, Processes, International Edition, (New York: McGraw-Hill/Irwin, 2004), p. 300.

Lidya, Febby, dkk. (2020). Gaya Kepemimpinan Transformasional pada Kelompok Wisata Berbasis Komunitas. Jurnal Sosiologi Pedesaan, 8 (3), 131-151. Doi: https://doi.org/10.22500/8202031764.

McShane, Steven Lattimore. (2008). Organizational Behavior.

Miles, M.B., Huberman, A.M. and Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methost Sourcebook. Sage, London.

Robbins, P.S. (2017). Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Rothwell, J.W., STAvros, M.J., Sullivan, L.R. (2016). Practicing organization development (leading transformation and change). New Jersey: Hoboken.

Setyaningrum, Miranda Dwi, dkk. (2022). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik dalam Pengembangan Desa Wisata. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 8 (1), 27-40. Doi: https://doi.org/10.33506/jn.v8i1.1826.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v11i1.13008

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin