KUALITAS PELAYANAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BIDANG PENCEGAHAN KEBAKARAN DINAS KEBAKARAN DAN PENANGGULANGAN BENCANA KOTA BANDUNG (STUDI KASUS: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT)

Aswin Aswin

Sari


Kualitas pelayanan publik pada bidang pencegahan kebakaran Kota Bandung. waktu tanggap atau lebih dikenal dengan Respons time adalah total waktu yang dihitung dari saat berita kebakaran diterima, pengiriman pasukan dan sarana pemadam kebakaran ke lokasi kebakaran sampai dengan kondisi siap untuk melaksanakan operasi pemadaman (biasa ditandai dengan keluarnya air/penyemprotan air pertama). Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan menggunakan metode penelitian kualitatif.Berdasarkan permasalahan yang telah dikemukakan dan hasil penelitian berserta pembahasan mengenai kualitas pelayanan pemberdayaan masyarakat di Bidang Pencegahan Kebakaran Dinas Kebakaran Dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan pada Bidang Pecegahan Kebakaran Diskar PB Kota Bandung melalui dimensi Reability, Tangibles, Responsiveness, Assurance, dan Empathy sudah berjalan dengan efektif dan efisien..Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Dinas Kebakaran dan Penanggualangan Bencana, Pencegahan Kebakaran 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darmansyah, D., & Rahayu, S. (2022). Manajemen Pengadaan Sarana Dan Prasarana Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga. Jurnal Porkes, 5(2), 634-647.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Mahfudi, A. (2016). Strategi Pemerintah Kabupaten Mojokerto Untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Sektor Pariwisata (Studin Pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Mojokerto). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(02).

Nugraha, D. S., Jani, A. A., Octaviana, D., Fadilah, F. N., Aini, S. N., & Elianto, S. A. (2022). Pembinaan Organisasi Kepemudaan di Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Sumedang. JRPA-Journal of Regional Public Administration, 7(1), 41-48.

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Adminitrasi Publik, Alfabeta, Bandung.

Robbins dalam Sembiring,. 2012. Budaya & Kinerja Organisasi : Perspektif Organisasi Pemerintah. Bandung : Fokus Media.

Silalahi, Ulbert. 2016. Studi tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Siagian, Sondang P. 2003. Filsafat Administrasi. Jakarta : PT Bumi Aksara. Edisi Revisi.

Wahjono, Sentot Imam. (2010). Perilaku Organisasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v11i1.13931

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin