ADAPTASI BIROKRASI DI MASA PANDEMI COVID 19 DALAM PERSPEKTIF PELAYANAN PUBLIK

Rijal Rijal, Jusman Jusman, Nasrullah Nasrullah

Sari


Adanya Covid-19 yang muncul di Indonesia sejak akhir tahun 2020 telah menyadarkan akan pentingnya reformasi birokrasi berbasis teknologi modern saat ini. Kebijakan penjarakan sosial dan penjarakan fisik memberikan kesadaran bahwa sudah saatnya pelayanan publik di Indonesia dialihkan ke penawaran baru, hal ini sejalan dengan konsep tata kelola yang agile dan adaptif. Kedua konsep ini idealnya diterapkan dalam membangun cara kerja baru yang lebih tangkas dalam situasi yang dinamis dan serba cepat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana konsep tersebut diterapkan di Indonesia, khususnya dalam menangani respons pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan. Hasilnya ditemukan bahwa kebijakan pelayanan publik berbasis teknologi memang telah dilakukan pada instansi pemerintah baik di pusat maupun daerah, sehingga melalui perubahan tersebut akan terjadi paradigma dan cara kerja baru. Namun lahirlah beberapa aturan tertulis yang sangat kontradiktif antara satu instansi dengan instansi lainnya.Kata Kunci : Adaptasi, Birokrasi, Covid-19, Pelayanan Publik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.Rafiq. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Jurnal Global Komunika, 18.

Alfonsius. (2020). Pelayanan Transportasi Online Di Era New Normal. Journal of Accounting & Management Innovation, 91-92.

Anna, & Walter, T. (2021). Organizational agility: ill defined and somewhat confusing? A systematic literature review and conceptualization. Management Review Quarterly, 348.

Ayu, E. P., & Nuriyatman, E. (2021). Konsep Pelayanan Publik Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Perspektif Regulasi. Mendapo : Journal of Administration Law, 112.

Budijarto, A. (2018). Pengaruh Perubahan Sosial Terhadap Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila. Jurnal Lemhannas, 30-35.

CNN Indonesia. (2022, April 04). Media Asing Soroti Stok Minyak Goreng RI, Negara Produsen CPO Terbesar. Retrieved April 08, 2023, from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220404081255-92-779773/media-asing-soroti-stok-minyak-goreng-ri-negara-produsen-cpo-terbesar

Ferlitasari, R., Suhandi, & Rosana, E. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja. Sosio Religia: Jurnal Sosiologi Agama, 2.

Firdaus, I. T., Tursina, M. D., & Roziqin, A. (2021). Transformasi Birokrasi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mewujudkan Digitalisasi Pemeritahan. Kybernan : Jurnal Studi Kepemerintahan, 229.

Fitra, S. (2023, Februari 23). Perkembangan Covid-19 di Indonesia: Total Kasus Capai 6.735.033 Kasus. Retrieved Maret 15, 2023, from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/23/perkembangan-covid-19-di-indonesia-total-kasus-capai-6735033-kasus-kamis-232

Hadiwardoyo. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. journal of Business & Entrepreneurship, 83-92.

Haryanto. (2015). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Komunitas Pustakawan Homogen Dalam Rangka Pemanfaatan Bersama Koleksi Antar Perguruan Tinggi. JurnalL Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS) UPI, 86.

Husnayaini, D. S., & Subektie, R. W. (2020). Evaluasi Inovasi Sistem Pelayanan Publik Provinsi Yogyakarta Untuk Menghadapi Masa New Normal. Jurnal BKN kebijakan dan manajemen PNS, 45-46.

Indonesia Healthcare Forum. (2020, November 22). JAK 5 Induksi. Retrieved Maret 29, 2023, from Indonesia Healthcare Innovation : http://indohcf-expo.com/innovation-detail/34

Kemenko Perekonomian. (2020, September 22). Pemerintah Pererat Sinergi Dengan Akademisi dalam Penanganan COVID-19. Retrieved April 01, 2023, from Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia: https://ekon.go.id/publikasi/detail/519/pemerintah-pererat-sinergi-dengan-akademisi-dalam-penanganan-covid-19

Kemenpan RB. (2020, Juni 03). Optimalkan SPBE pada Tatanan Normal Baru. Retrieved Maret 27, 2023, from panrb: https://menpan.go.id/site/berita-terkini/optimalkan-spbe-pada-tatanan-normal-baru

Kisworo, J., & Shauki, E. R. (2019). Teori Institusional Dalam Penyusunan Dan Publikasi Laporan Tahunan Sektor Publik (Studi Kasus Pada Kementerian Dan Lembaga Negara Di Indonesia). Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan, 308.

Kompas.com. (2022, Oktober 02). Tragedi Kanjuruhan Renggut Ratusan Nyawa, Indonesia Disorot Dunia. Retrieved April 08, 2023, from Kompas.com: https://bola.kompas.com/read/2022/10/02/13403128/tragedi-kanjuruhan-renggut-ratusan-nyawa-indonesia-disorot-dunia?page=all

Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang: Prenada Media Group.

Lee, D., Sambamurthy, V., Lim, K. H., & Wei, K. K. (2015). How Does IT Ambidexterity Impact Organizational Agility? Inform Syst Res, 398-417.

Mas’udi, W., & Winanti, P. S. (2020). Tata Kelola Penanganan Covid-19 di Indonesia: Kajian Awal. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Maulana, A. R., & Widodo, E. (2020). Inovasi Mal Pelayanan Publik Kota Probolinggo Dalam Meningktakan Efektifitas Pelayanan Publik. Prosiding Simposium Nasional, 565.

Mirzaqon, A., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai. Landasan Teori dan Praktek Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8.

Muhammad, J., Sobari, W., & Hakim, M. L. (2022). Adaptive, Agile atau Robust Governance untuk Menjaga Ketahanan Daerah dalam Menghadapi Pandemi COVID-19: Studi Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah di Jawa Timur Tahun 2020-2022. Jurnal Transformative, 241.

Musso, J., & Weare, C. (2017). Social capital and community representation: How multiform networks promote local democracy in Los Angeles. Urban Studies Journal Limited, 2.531.

Nadila, Z., Ahyaruddin, M., & Agustiawan. (2021). Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Dalam Perspektif Teori Institusional: Sebuah Pendekatan Penelitian Campuran. Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal, 216.

Nasrullah, R. (2015). Teori Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Kultur, dan Sosiso Teknologi). Yogyakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nihayaty, A. I. (2021). Inovasi Kebijakan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Pada Era Covid-19. Khazanah Intelektual, 1032.

Nurcholis, L., & Cahyono, B. (2019). Effect Of Information Sharing Toward Equilateral Agility With Knowledge Exploitation And Exploration As An Intervening Variable. Journal of AppliedManagement (JAM), 750.

Rusmanto, W. (2022). Tantangan Birokrasi Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Administrasi Publik. Jurnal Inovasi Penelitian, 2614.

Rustam, M. (2022). Penerapan Inovasi JAK 5 INDUKSI sebagai Wujud Adaptasi Era New Normal Pelayanan Publik di Tengah Pandemi. Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0 , 81-82.

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 62-63.

Simanjuntak, & Pascalya, V. (2018). Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Komunikasi pada Mahasiswa Kepribadian Introvert. Repositori Institusi Universitas Sumatra Utara.

Sitorus, A. A., & Rahmad, M. F. (2021). Disinkronisasi Kebijakan Pemerintah Indonesia Dalam Penanganan Covid-19. Jurnal Renaissance, 723.

Soekanto, S. (2009). Peranan Sosiologi Suatu Pengantar, Edisi Baru. Jakarta: Rajawali Pers.

Seselisa, H. C., & Puturuhu, D. (2021). Penerapan Prinsip New Publik Service dalam Pelayanan STNK pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik dan Bisnis, 316.

Sugianto, M. A. (2021). Kebijakan Work From Home Era Covid-19 : Studi Kasus Kabupaten Bandung. Jurnal Analis Kebijakan, 87-88.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta.

Syahri, & Tambuh, B. (2022). Transformasi Birokrasi Dan Digital Government Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pemerintahan Wiyata Praja, 3-4.

Tasyah, A., Septiya, Putri, S. J., Fernanda, R. A., & Azani, P. C. (2021). Best practice kebijakan e-government dalam mengimplementasikan pelayanan publik di era new normal. Jurnal Studi Ilmu Sosial dan Politik (Jasispol), 30.

Taufik, & Warsono, H. (2020). Birokrasi Baru Untuk New Normal : Tinjauan Model Perubahan Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Era Covid-19. Dialogue : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 3.

Thompson, J. B. (2020). Mediated interaction in the digital age. Theory, Culture, & Society.

Tuwu, D. (2020). Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Journal Publicuho, 269.

Wardani, S. (2021, November 2021). Pengaruh Media Sosial sebagai Bentuk Perubahan Sosial di Kalangan Remaja. Retrieved April 7, 2023, from Kompasnia: https://www.kompasiana.com/silvanawardani/5e9a4689097f366cbc6ec3a3/pengaruh-media-sosial-sebagai-bentuk-perubahan-sosial-di-kalangan-remaja#:~:text=Adanya%20penggunaan%20media%20sosial%20yang,menjadi%20pengguna%20media%20sosial%20terbanyak.

Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 384-385.

Yuliani, A. (2022). Ada 800.000 Situs Penyebar Hoax di Indonesia. Diakses pada April 09, 2023, dari Kementrian Komunikasi dan Informasi RI: https://www.kominfo.go.id/content/detail/12008/ada-800000-situs-penyebar-hoax-di-indonesia/0/sorotan_media




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v11i2.13974

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin