INOVASI SISTEM INFORMASI DAN MANAJEMEN PERIZINAN SECARA ELEKTRONIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BONE

Iswadi Amiruddin, Rusliadi Rusliadi, Tri Cahyo Nugroho

Sari


Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui inovasi pelayanan pengurusan perizinan secara elektronik dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bone. Penelitian menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian terkait inovasi Sistem Informasi dan Manajemen Perizinana Secara Elektronik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bone memiliki 1) Tata kelola dan inovasi yang dapat dilihat dari aspek pengelolaan berupa regulasi yang mendasari kebijakan dan tata kelola mekanisme pelaksanaan melalui SOP, 2) Sumber ide untuk inovasi yaitu sumber ide yang melandasi instansi untuk membuat inovasi, 3) Budaya inovasi berupa fleksibilitas pada mekanisme pelayanan, 4) Kemampuan dan alat yaitu usaha pengembangan kapabilitas pegawai melalui bimtek serta pemenuhan sarana dan prasarana, 5) Tujuan, hasil, pendorong dan hambatan yaitu memiliki tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan perizinan, hasilnya masyarakat dapat meringkas proses permohonan perizinan, pendorong adanya inovasi adalah kondisi lapangan dengan hambatan masih banyaknya masyarakat yang tidak memperoleh sosialisasi, 6) Pengumpulan data inovasi untuk inovasi tunggal yaitu pengumpulan data inovasi melalui survey kepuasan masyarakat dan layanan pengaduan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku :

Rahma, Mutia. 2022. Inovasi Pelayanan Perizinan Dan Non Perizinan Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Riau. Skripsi, UIN SUSKA Riau

Reskhy Illhami Eka Putri., Eva Hany Fanida. (2021). Inovasi Program Si Nduk (Sistem Informasi Online Dokumen Kependudukan) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bojonegoro. Publika. Volume 9 Nomor 4. 587-600.

Mirnasari, Rina Mei. 2013. Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya-Bungurasih. Jurnal Kebijakan Dan Manjemen Publik Vol. 1 No. 1

Junior, Marten Prasetyo. 2016, Inovasi Pelayanan Publik (Studi Kasus Perizinan Penanaman Modal Di BPPT Kota Semarang).

Inge Cindy Pradina Dan Meirinawati. 2020. Inovasi Aplikasi SANTRI RS (SMS Antrian Rumah Sakit) Di Instalasi Rawat Jalan Poliklinik Spesialis Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sidoarjo.

Bugge, M. M., Coenen, L., & Branstad, A. (2018). Governing socio-technical change: Orchestrating demand for assisted living in ageing societies. Science and Public Policy. https://doi.org/10.1093/scipol/scy010

Parzefall dkk. (2008). Employee innovativenes in organizations: a Review. LTA, The Finish Journal of Business Economics: 2(8), 165-182

LR.Andhika. (2017). Perbandingan Konsep Tata Kelola Pemerintah:Sound Governance, Dynamic Governance, dan Open Government. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan. Vol.8 No. 2

DF. Kartika & Trenda Aktiva Oktariyanda. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Poedak (Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan) Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik. Publika. Vol.9 N0. 5

Hidayah, Kemal dkk. (2018). Aktualisasi Budaya Inovasi Pada Organisasi Sektor Publik. Jurnal Borneo Administrator. Vol. 14 No.3

NPDRH.Narsa. (2018). Inovasi Pelayanan: Telaah Literatur Perbandingan Sektor Privat dan Sektor Publik. Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Vol.3 No.2

UU Nomor 25 Tahun 2009

Peraturan Kementerian pada tahun 2014 Nomor 30 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v11i3.14186

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin