EFEKTIVITAS KEBIJAKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS DESA, TUJUAN: DESA TANPA KEMISKINAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KABUPATEN CIAMIS

Firda Tari Triani

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi olek belum efektifnya pelaksanaan kebijakan Sustainable Development Goals Desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Ciamis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kebijakan Sustainable Development Goals Desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Ciamis.Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan, yang terdiri dari observasi dan wawancara. Teknik pengolahan/analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 orang, yang terdiri dari Kepala DPMD Kabupaten Ciamis, Pejabat Fungsional, Kabid Pemerintahan Desa, Pendamping Desa, dan Kepala Desa Cikoneng. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa efektivitas kebijakan Sustainable Development Goals Desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Ciamis belum sepenuhnya optimal dan efektif. Hal tersebut dikarenakan masih adanya indikator yang belum sesuai dalam pelaksanaanya, dinataranya: belum mumpuninya pelaksana program SDGs Desa, masih rendahnya jangkauan perubahan yang diinginkan dalam menekan angka kemiskinan, masih rendahnya sumber daya yang terlibat dalam pelaksanaan SDGs Desa, belum efektifnya sasaran dan target, dan intervensi kebijakan yang belum optimal.Kata Kunci : Efektivitas Kebijakan, SDGs Desa, Kesejahteraan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdal. 2015 Kebijaka Publik (Memahami Konsep Kebijakan Publik). Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Abidin, S.Z. Kebijakan Publik. Jakarta: Salemba Humanika.

Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif:Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Agustino, L.2020. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S.2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif

Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam VaRiant Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers.

Iskandar, A.H.2020. SDGs Desa Percepatann Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelnajutan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nugroho, D Riant. 2018. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, H. (2013). Manajemen: Teori, praktik, dan riset pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.

Wahab, A. 2014. Analisis Kebijakan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya Suta Dimas, 2023. Efektivitas Kebijakan Jakarta Lapor (Jaklapor) Di Dinas Komunikasi Informatika Dan Statistik Provinsi Dki Jakarta.

Fahmi, I. 2019. Sustainable Development Goals (SDGs) dan Dampaknya Bagi Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian LEMHANNAS RI.

Hartono Hasim, 2023. Efektivitas Pelaksanaan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Program “Sustainable Development Goals (SDGs)” pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 6(2).

Lina, A. dan Rastri, K. 2023. Sosialisasi Program Sustainable Development Goals (SDGs) Desa dalam Menentukan Arah Pembangunan Desa di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Louise-Marie. 2015. Analysis of Multidimensional Poverty: Theory and Case Studies.7(1).

Lutfia Mayasoni. 2022. Metode Mengukur Efektivitas Kebijakan Publik. SOSPOLI, 169-175.

Masta, D. Jonson, R. dan Vera, A. 2022. Analisis Implementasi Sustainable Development Goals (SDGS) Desa Melalui Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Citra Sosial Humaniora. 2828-1896.

Muthmainnah, L., et al. 2020. Meninjau Ulang Sustainable Development: Kajian Filosofis atas Dilema Pengelolaan Lingkungan Hidup di Era Post Modern. Jurnal Filsafat, 30(1), 23-45.

Patiung, M. 2017. Rencana Aksi Daerah Sustainable Development Goal’s Kota Kediri. Jurnal Ilmiah Sosio Agribis, 17(1).

Trifita, A. dan Amaliyah, R. 2020. Ruang Publik dan Kota Berkelanjutan: Strategi Pemerintah Kota Surabaya Mencapai Sustainable Development Goals (SDGs. Global & Policy. 8(2).

Umy, K,Andi. dan Hariyanti, H. 2023. Efektivitas Pelaksanaan Program Sustainable Development Goals (SDGs) di Desa Tonronge Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Ilmiah Administrasi. 11(2).

Dokumen:

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksana Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Peraturan Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Sususnan Perangkat Daerah Kabupaten Ciamis.

Peraturan Bupati Ciamis Nomor 56 Tahun 2016 tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Unsur Organisasi Lembaga Teknis Daerah Lingkup Kabupaten Ciamis.

Peraturan Bupati Nomor 116 Tahun 2023 tentang Petunjuk Operasional Penggunaan Dana Desa Tahun 2024.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v11i2.14885

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin