MEMBANGUN MODEL PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MISKIN DI BALI (KAJIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MISKIN DALAM LOCAL COMMUNITY DI BALI)

I Nyoman Subanda

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan dan menganalisi implementasi pemberdayaan masyarakat di Bali, khususnya pemberdayaan perempuan dari keluarga miskin; dan (2) membangun sebuah model pemberdayaan perempuan dalam komunistas lokal di Bali. Deskripsi dimulai dari peran perempuan di Bali, pelaksanaan pemberdayaan masyarakat di Bali. Berdasarkan temuan tersebut dibangun sebuah model pemberdayaan perempuan miskin di Bali. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan peran perempuan Bali sangat strategis dalam komunitas lokal Bali. Peran mereka tidak saja pada peran domestik dan ekonomi tetapi juga dalam peran adat. Dalam lembaga keluarga, perempuan (ibu) menjadi teladan dan sangat mempengaruhi tata nilai yang dianut keluarga. Tetapi kondisi ini berbenturan dengan sistem purusa (patrimonial) dalam kehidupan adat di Bali yang meletakkan pengambil keputusan pada kaum laki-laki, sedangkan perempuan berada di sekitar pengambilan keputusan. Berdasarkan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat di Bali, maka program-program yang ada belum cukup untuk mendorong meluasnya penanaman nilai-nilai kemanusian (kejujuran, kepedulian dan kerelawanan) yang disepakati sebagai akar masalah kemiskinan. Pelaksanaan pemberdayaan masyarakat juga belum cukup signifikan melaksanakan pemberdayaan perempuan. Pelibatan perempuan masih bersifat syarat normatif dan terkesan masih diletakkan sebagai objek bukan subjek program. Untuk itu dibangun model pemberdayaan perempuan melalui pendekatan kelompok usaha produktif yang mendorong para perempuan mampu mengembangkan kapasitas mereka, termasuk dalam pengambilan keputusan melalui proses pembelajaran yang berkelanjutan. Model ini meletakkan perempuan sebagai subjek dan objek program dengan membangun sinergitas antar aktor pemberdayaan dan pengambil keputusan dalam masyarakat lokal di Bali.Kata Kunci : Pemberdayaan; Perempuan miskin; Local Community

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Perum Balai Pustaka.

Benjamin, W. (1998). Optimisme Makro, Pesimisme, Mikro Penafsiran Kemiskinan Dan Ketimpangan Di Indonesia. PT. Gramedia Widia Sarana.

Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa. (2007). PTO (Petunjuk Teknis Operasional) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan.

Departemen Dalam Negeri. (2007). Penjelasan Teknis Operasional Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Tim Koordinasi PNPM Mandiri Pedesaan.

Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2003). The New Public Service: Serving, Not Steering. M.E. Sharpe.

Dewanta, S. (2000). Kemiskinan Dan Kesenjangan Di Indonesia. Aditya Media.

Dharmayuda, S. I. M. (1999). Memberdayakan Desa Pakraman Dipandang Dari Sudut Filsafat dan Agama. Lembaga Pengkajian Budaya Bali.

Dharmayuda, S. I. M. (2001). Desa Adat Kesatuan Masyarakat Hukum Adat di Propinsi Bali.

Dharmika, I. B. K., & Triguna, I. B. G. Y. (2002). Dekonstruksi Ciri-Ciri Desa Pakraman. STISPOL Wira Bhakti.

Golafshani, N. (2003). Understanding Reliability and Validity in Qualitative Research. The Qualitative Report, 8(4), 597-607. Retrieved from http://www.nova.edu/ssss/QR/QR8-4/golafshani.pdf

Havelock, R. G. (1973). The Change Agent’s Guide to Innovation in Education. Educational Technology Publications, Inc.

Kartasasmita, G. (1996). Administrasi Pembangunan Perkembangan Pemikiran Dan Prakteknya Di Indonesia. PT. Pustaka LP3E.

Kartasasmita, G. (1997). Pembangunan Sosial dan Pemberdayaan: Teori, Kebijaksanaan, dan Penerapan. PT. Pustaka LP3E.

Lunenburg, F. C. (2010). Managing Change: The Role of The Change Agent. International Journal of Management, Business, and Administration, 13(1). Retrieved from http://www.nationalforum.com/ Electronic%20Journal%20Volumes/Lunenburg,%20Fred%20C.%20Managing%20Change%20The%20Role%20of%20Change%20Agent%20IJMBA,%20V13%20N1%202010.pdf

Mubyarto. (1985). Peluang Kerja Dan Peluang Berusaha Di Pedesaan. BPFE.UGM.

Muljono, P. (2010). Model Pemberdayaan Masyarakat melalui Pos daya (Pos Pemberdayaan Keluarga). Jurnal Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 23(1), 1-15.

Mulyono, S. E. Model Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Jalur Pendidikan Non Formal Di Kecamatan Gajah mungkur Kota Semarang. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ edukasi/article/viewFile/964/901

Ospina, S. (2004). Qualitative Research. In G. Goethals, G. Sorenson, & J. Mac Gregor (Eds.), Encyclopedia of Leadership. SAGE Publications.

Ratnawati, S. (2011). Model Pemberdayaan Perempuan Miskin Perdesaan Melalui Pengembangan Kewirausahaan. Jurnal Kewirausahaan, 5(2), 1-15.

Rejekiningsih, T. W. (2011). Identifikasi Faktor Penyebab Kemiskinan Di Kota Semarang Dari Dimensi Kultural. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1), 28-44.

Rindjin, I. K. (1999). Depolitisasi dan Politisasi Desa Adat Dalam Persefektif HAM. Disampaikan dalam rangka Martikulasi Program Pasca Sarjana Kajian Budaya Bali Universitas Udayana, Denpasar, 17 Juli 1999.

Sirtha, I. N. (2002). Bali Heritage Trust Sebagai Lembaga Pelestarian Warisan Budaya Bali Yang Berbasis Desa Adat Kabupaten Badung.

Suda Sugira, I. K. (2002). Tri Hita Karana Dalam Pembangunan Berwawasan Budaya Masyarakat Bali.

Sumodiningrat, G. (1996). Pembangunan Daerah Dan Pemberdayaan Masyarakat. PT. Bina Rena Pariwara.

Surpha, I. W. (1993). Eksistensi Desa Adat di Bali. PT Upada Sastra.

Usman, S. (1998). Pembangunan Dan Pemberdayaan. Pustaka Pelajar.

Wahidin, A., Kasnawi, T., & Muhammad, R. Peranan Agen Perubuhan dalam Penguatan Kelembagaan Masyarakat (Studi Kasus: Pemimpin Kolektif pada PNPM Mandiri Perkotaan di Kelurahan Ujung Sabbang Kec. Ujung Kota Parepare). Retrieved from http://pasca.unhas.ac.id/ jurnal/files/ 8ac53716303f77694c6b0e67e73a442d.pdf

Widjajanti, K. (2011). Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1), 15-27.

Zilfina, A. (2007). Analisis Program Pemberdayaan Perempuan Berbasis Gender. Pusat Penelitian Gender (PPG) Universitas Jambi.Contoh:

Bryant P. 1999. Biodiversity and Conservation. Retrieved October 4, 1999 fromhttp://darwinbio.uci.edu/~sustain/bio65/T itlpage.html




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v11i2.15131

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin