INOVASI SOSIAL PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS KOMUNITAS DI KELURAHAN CIGEMBOR

Nurul Zakiyyah, Otong Husni Taufik, Regi Refian Garis, Sahadi Sahadi, Neti Sunarti

Sari


Dalam kebersihan lingkungan tidak akan luput dari karakter penduduk lingkungan sekitarnya. Penduduk yang sangat berpengaruh dalam kebersihan lingkungan. Sayangnya penduduk belum peka terhadap pentingnya menjaga kebersihan ligkungan. Di dalam kebersihan lingkungan masalah pokok nya adalah mengenai sampah, maka dari itu sampah memerlukan penanganan yang bijaksana. Jika tidak ditangani secepatnya sampah bisa menjadi pokok permasalahan yang sangat merugikan penduduk sekitar serta kenyamanan di lingkungan tempat tinggal penduduknya sendiri. Inovasi sosial pengelolaan sampah berbasis komunitas ini di latarbelakangi oleh kurangnya kesadaran masyarakat, akan dampak positif dan negatif dari sampah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui inovasi pengelolaan sampah berbasis komunitas oleh Kelurahan Cigembor Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan. Teknik pengolahan/analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, serta penyajian data . Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti menarik kesimpulan sebagai berikut Proses difusi inovasi pada program Bank Sampah Kelurahan Cigembor Kecamtan Ciamis Kabupaten Ciamis belum diikuti secara optimal sesuai dengan karakteristik inovasi menurut Rogers yang dibagi menjadi 4 elemen yaitu : Inovasi, Saluran Komunikasi, Jangka Waktu, Sistem Sosial. Inovasi sosial pengelolaan sampah berbasis komunitas akan berjalan optimal mengacu pada keempat elemen tersebut. Keywords: Inovasi, Pengelolaan Sampah, Komunitas, Bank Sampah. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Perda Nomor 2 tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah.

Supriatna, Ade. (2023). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Tanah Kas Desa oleh Pemerintah Desa Bangunkarya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran. Journal Education and Government Wiyata, 1(4), 178-185.

Salsabila, Shifa Zahratuni. (2023). Agrarian Conflict Analysis: Challenges and Social Impact in the Archipelago. Journal Education and Government Wiyata, 1(4), 203-211.

Agustino. (2017). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Yogyakarta: Alfabeta.

Akib, Haedar. (2010). Implementasi Kebijakan, Apa, Mengapa dan Bagaimana. Jurnal Administrasi Publik, Volume 1 No. 1 Thn. 2010.

Rogers, E. M. (2003:14) Diffusion of Innovations dalam Sutjipto, A.M & Pinariya, J.M (2019:205).

Ulum, C. M., & Anggaini Veri, N. L. (2020). Community Empowerment. UB Press.Miles B., M., Huberman, M. A., & Saldana, J. (2014). Qualiative Data Analysis : A Methods .

Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Terry (2009:9) dalam B. Gustaaf dan F. Helly (2020:92)

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Definis Pengelolaan.

Sebastian (2014). Biang Inovasi. Jakarta.

Tumbale, D. (2019). PROBLEMATIKA PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL. POLITICO: Jurnal Ilmu Politik, 8(1). Retrieved from.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v11i2.15151

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin