KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN PEMBUATAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN CIAMIS

Desi Apriani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana kualitas pelayanan perizinan pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu(DPMPTSP) Kabupaten Ciamis (2) mengetahui faktor yang menghambat dalam kualitas pelayanan perizinan pembuatan IMB di DPMPTSP Kabupaten Ciamis (3) untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam kualitas pelayanan perizinan pembuatan IMB di DPMPTSP Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan berupa observasi dan wawancara. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini berjumlah 13 orang, yaitu 1 orang Kabid pelayanan perizinan, 2 orang petugas pelayanan dan 10 masyarakat atau pemohon IMB. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, mengenai Kualitas Pelayanan Perizinan Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis masih belum berjalan dengan optimal, dikarenakan masih kurangnya SDM yang bekerja dibidang pelayanan perizinan pembuatan IMB di DPMPTSP Kabupaten Ciamis, kurangnya kemampuan petugas dalam menyelesaikan pelayanan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan serta kurangnya pemahaman pemohon dalam pembuatan IMB, dan masih belum mampunya petugas untuk mengoptimalkan website pelayanan online kepada para pemohon perizinan termasuk perizinan IMB. Kata Kunci :Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. BUKU-BUKU

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI,. Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent :Teori dan Praktik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pasolong, Harbani. 2013. Teori Administrasi Publik. Bandung: CV Alfabeta.

Priansa, Dono Juni Garnida, Agus. 2015. Manajemen Perkantoran Efektif, Efisien, dan Profesional. Bandung : CV Alfabeta.

Sinambela. 2005. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : PT Bumi Aksara.

………. . 2016. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Sutedi, Adrian. 2015. Hukum Perizinan Dalam Sektor Pelayanan Publik. Jakarta : Sinar Grafika.

Winarsih, Septi Atik dan Ratminto. 2016. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

………. . 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Bandung : CV. Alfabeta.

B. DokumenPerundang-undangan :

Peraturan Pemerintah RI Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 4 tahun 2016 tentang perubahan keempatatas Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2000 Tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan.

Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 17 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan.

C. Dokumen Sumber Lain

Profil Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis.

Rencana Strategis Tahun 2014-2019 DPMPTSP Kabupaten Ciamis




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v5i3.1664

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin