ANALISIS SOCIAL MARKETING LAYANAN POCADI (POJOK BACA DIGITAL) TERHADAP KUNJUNGAN PEMUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN (DISPUSIP) KABUPATEN GARUT

Rini Anggraeni, Aceng Ulumudin, Mila Karmila

Sari


Layanan POCADI (Pojok Baca Digital) di DISPUSIP Kabupaten Garut dirancang untuk meningkatkan minat baca masyarakat melalui akses informasi digital. Namun, rendahnya tingkat kunjungan memerlukan penelitian untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keputusan masyarakat untuk berkunjung. Penelitian ini menganalisis pengaruh Kesadaran Layanan, Kualitas Manajemen, Kualitas Pelayanan Publik, Minat dan Sikap Positif, serta Promosi Melalui Media Sosial terhadap Tingkat Kunjungan ke POCADI. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan Structural Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM-PLS), berdasarkan data dari 78 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi Melalui Media Sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap Tingkat Kunjungan, dengan nilai path coefficient sebesar 0.317. Temuan ini mengindikasikan bahwa promosi yang efektif melalui media sosial dapat meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat untuk mengunjungi POCADI. Oleh karena itu, DISPUSIP Kabupaten Garut disarankan untuk fokus memperkuat dan menginovasi strategi promosi melalui media sosial guna meningkatkan kunjungan ke POCADI. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brophy, P. (2005). The academic library. . Facet Publishing.

Cullen, R. (2001). Addressing the digital divide. Online Information Review, 25(5), 311–320. https://doi.org/10.1108/14684520110410517

Dervin, B. (1992). From the mind’s eye of the “user”: The sense-making qualitative-quantitative methodology. Qualitative Research in Information Management/Libraries Unlimited.

Hair, J. F., Astrachan, C. B., Moisescu, O. I., Radomir, L., Sarstedt, M., Vaithilingam, S., & Ringle, C. M. (2021). Executing and interpreting applications of PLS-SEM: Updates for family business researchers. Journal of Family Business Strategy, 12(3), 100392. https://doi.org/10.1016/j.jfbs.2020.100392

Hair, J. F., Howard, M. C., & Nitzl, C. (2020). Assessing measurement model quality in PLS-SEM using confirmatory composite analysis. Journal of Business Research, 109, 101–110. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.11.069

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Huang, L., & Tahamtan, I. (2018). Why do people come? The factors influencing public library visits. Proceedings of the Association for Information Science and Technology, 55(1), 832–833. https://doi.org/10.1002/pra2.2018.14505501136

Kotler, P., & Zaltman, G. (1971). Social Marketing: An Approach to Planned Social Change. Journal of Marketing, 35(3), 3–12. https://doi.org/10.1177/002224297103500302

Maretno, S., & Marlini, M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Perpustakaan. Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(1), 58–71. https://doi.org/10.30631/baitululum.v5i1.98

Masriastri, I., & Gusti Ayu Ketut Yuni. (2018). Perpustakaan dan masyarakat informasi. Al Maktabah, 3(2), 72–81.

Parasuraman, A. (1994). Alternative scales for measuring service quality: A comparative assessment based on psychometric and diagnostic criteria. Journal of Retailing, 70(3), 201–230. https://doi.org/10.1016/0022-4359(94)90033-7

Saddam, M., Sholichah, N., & Fatah, Z. (2023). Inovasi Pelayanan Pojok Baca Digital (Pocadi) Dalam Mendukung Gerakan Literasi Siswa Sekolah Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kota Tebing Tinggi. . Soetomo Administrasi Publik, 1(2), 161–172.

Septiandika, V., Lestari, M. G., Aisyah, S., Hidayatullah, M. R., & Amrullah, M. J. (2023). Inovasi Pojok Baca Digital Dalam Meningkatan Literasi Masyarakat Di Perpustakaan Kabupaten Probolinggo. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(3), 2830–2834.

Shakargy, N. (2021). “I Am Not Myself, You See?”: Remediation and Mediatization in the Insta Novels Project. Social Media + Society, 7(3), 205630512110305. https://doi.org/10.1177/20563051211030500

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v11i3.16772

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin