TRANSFORMASI SOSIAL DAN BUDAYA DALAM REFORMASI ADMINISTRASI PUBLIK PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH (BP4D) KABUPATEN SUBANG

Diah Andani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak transformasi sosial dan budaya dalam mendukung reformasi administrasi publik di Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (BP4D)  Kabupaten Subang. Transformasi sosial dan budaya dalam organisasi pemerintah menjadi penting seiring dengan tuntutan masyarakat akan peningkatan kualitas pelayanan publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan signifikan dalam pola pikir, nilai, dan budaya kerja di Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (BP4D)  Kabupaten Subang, yang berfokus pada peningkatan akuntabilitas, transparansi, dan responsivitas dalam pelayanan publik. Transformasi ini berdampak positif pada kepuasan masyarakat, khususnya dalam hal efisiensi dan keterbukaan informasi. Meskipun terdapat beberapa hambatan seperti resistensi terhadap perubahan dan keterbatasan sumber daya manusia, reformasi administrasi publik di Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (BP4D)  Kabupaten Subang tetap dapat berjalan efektif melalui dukungan kepemimpinan visioner dan pelatihan berkelanjutan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa transformasi budaya yang berbasis nilai-nilai pelayanan publik dapat meningkatkan kualitas pelayanan serta efektivitas reformasi administrasi. Oleh karena itu, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (BP4D)  disarankan untuk melanjutkan evaluasi berkala dan meningkatkan pelatihan untuk mendukung budaya organisasi yang adaptif dan responsif. Kata Kunci : Transformasi sosial, budaya organisasi, reformasi administrasi publik, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (BP4D), kualitas pelayanan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adizes, I. (2014). Managing Corporate Lifecycles. Adizes Institute Publishing.

Anderson, R. M. (2000). Public Administration: A Comparative Perspective. Sage Publications.

Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2007). The New Public Service: Serving, Not Steering. M.E. Sharpe.

Dewi, D. A. (2016). Pemerintahan yang Bersih dan Reformasi Birokrasi: Studi Kasus di Indonesia. Pustaka Pelajar.

Drucker, P. F. (2007). Management Challenges for the 21st Century. HarperBusiness.

George, S. (2012). The Administrative Process: Public Policy and Bureaucracy. Pearson.

Hughes, O. E. (2003). Public Management and Administration: An Introduction (3rd ed.). Palgrave Macmillan.

Kettunen, P. (2018). Public Administration and Reform: A Global Perspective. Routledge.

Kotter, J. P. (1996). Leading Change. Harvard Business Press.

Lewin, K. (1947). Frontiers in Group Dynamics: Concept, Method, and Reality in Social Science; Social Equilibria and Social Change. Human Relations, 1(1), 5–41.

Morgan, G. (2006). Images of Organization. Sage Publications.

Muluk, K. (2018). Reformasi Birokrasi dan Desentralisasi di Indonesia: Studi pada Pemerintah Daerah. Universitas Gadjah Mada Press.

Osborne, D., & Gaebler, T. (1992). Reinventing Government: How the Entrepreneurial Spirit is Transforming the Public Sector. Addison-Wesley.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.

Purnama, A. W. (2015). Reformasi Birokrasi dan Modernisasi Pemerintah: Kajian atas Praktik di Indonesia. RajaGrafindo Persada.

Ritzer, G. (2011). Sociological Theory (8th ed.). McGraw-Hill.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Organizational Behavior (16th ed.). Pearson.

Schein, E. H. (1985). Organizational Culture and Leadership: A Dynamic View. Jossey-Bass.

Sedarmayanti. (2016). Reformasi Administrasi Publik: Kajian Birokrasi di Indonesia. Refika Aditama.

Siagian, S. P. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Stiglitz, J. E. (1998). The Role of Government in Economic Development. World Development, 26(8), 1-14.

Stone, M., & Woodcock, J. (2014). Building Public Administration: A Global Perspective. Sage.

Teori, A. (2017). Dasar-Dasar Administrasi Publik dan Reformasi Birokrasi. Jakarta: LP3ES.

Van der Wal, Z., de Lange, D., & Dealing, M. (2011). Public Sector Reform: A Social Learning Perspective. International Journal of Public Sector Management, 24(3), 186-197.

Weber, M. (1946). Bureaucracy. In H. H. Gerth & C. Wright Mills (Eds.), From Max Weber: Essays in Sociology. Oxford University Press.

White, L., & Donnelly, D. (2013). Public Administration and the Modern World. McGraw-Hill.

Widodo, D. (2017). Pemerintahan Daerah dan Reformasi Birokrasi: Perspektif Terbaru dalam Pelayanan Publik. Universitas Indonesia Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v11i3.16787

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin