KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN CIGEMBOR KECAMATAN CIAMIS KABUPATEN CIAMIS

Shinta Puspa Rahayu, Dede Syahril Sidik

Sari


Pelayanan publik salah satu kajian penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, dalam pemenuhan kebutuhan dan kepentingan masyarakat sesuai dengan tugas utamanya. Kualitas pelayanan publik mencerminkan sejauh mana pelayanan tersebut memenuhi atau bahkan melebihi harapan konsumen, berdasarkan kinerja aktual dari penyedia layanan. Tujuan penelitian ini mengkaji kualitas pelayanan publik di Kantor Kelurahan Cigembor. Metode yang digunakan analisis deskriptif, karena memuat penjelasan mengenai masalah atau kondisi yang diteliti. Fokus penelitian ini adalah memahami indikator-indikator yang menentukan keberhasilan kualitas pelayanan, menurut Zeithml et al. (1990), yaitu: tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Pelayanan Kantor Kelurahan Cigembor terus perupaya meningkatkan kualitas pelayanan salah satunya dengan memberikan kesempatan untuk masyarakat mengadu atau menyampaikan kebutuhan langsung lewat group yang sudah dibuat oleh kepala lurah pada aplikasi Whatsap

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Destyarama, D. (2023). Kualitas pelayanan publik. FISIP Universitas Galuh.03 (01)

Hikmah, Barikatul. (2023) Peran Humas Kepolisisan Resor Tangerang Selatan Dalam Meningkatkan Citra Kepolisisan. Skripsi (S1) skripsi, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Nur’aini, Andi. (2021). Efektivitas Pelayanan Publik pada Kantor Kelurahan Leok 1 Kecamatan Biau Kabupaten Buol. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12).

Panggabean, Puji Sukamto.(2022). Analisis Kualitas Pelayanan di Kantor Kelurahan Parau Sorat Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Skripsi. Program Studi Manajemen, Universitas HKBP Nommensen

Pundenswari, Pupung. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik bidang Kesehatan terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Publik, 11(01): 13-21. Program Studi Administrasi Publik, Universitas Garut.

Safitri, D., Henriyani, E., & Risnawan, W. (2023). Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis. Jurnal FISIP Universitas Galuh, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v11i3.17079

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin