STRATEGI PROMOSI DESA WISATA KAMPUNG BADUD OLEH DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PANGANDARAN
nurhayati nurhayati
Sari
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum terlaksana dengan baik strategi promosi desa wisata. Berdasarkan kondisi obyektif yang ditemukan pada penjagagan, peneliti menemukan beberapa masalah yaitu Fasilitas dan infrastruktur, fasilitas dan infrastruktur desa wisata yang belum optimal. Terbatasnya dana untuk mendukung kegiatan promosi desa wisata dan Kualitas sumber daya manusia, adanya masyarakat yang belum sadar wisata dan belum optimal dalam memanfaatkan potensi yang ada di desa wisata kampung badud. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis deskriptif dengan metode yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu 1orang Kepala Bidang Kebudayaan, 1 orang Kasi Pengelolaan Destinasi, 1 orang Kasi promosi, 1 orang Ketua kompepar (kelompok masyarakat penggerak pariwisata) dan 5 orang wisatawan. Strategi Promosi Desa Wisata Kampung Badud Oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran berdasarkan hasil wawancara dan observasi belum terlaksana dengan baik.Hal ini terbukti dari 10 indikator yang diteliti terdapat 2 indikator yang belum terlaksana dan 8 indikator yang sudah terlaksana dengan baik. Namun dari hasil penelitian masih ditemukan hambatan-hambatan dalam strategi promosi yaitu :(1) Belum adanya dukungan dari pihak-pihak yang mempunyai penghasilan lebih untuk bekerjasama sebagai pihak sponsor.(2)Belum adanya aksesibilitas untuk memperoleh atau mencari informasi dengan adanya organisasi kepariwisataan (travel agent). Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah (1)Dengan cara melibatkan pihak lembaga pendidikan, media elektronik dan melakukan promosi di akun media sosial.(2)Pengawasan terhadap pihak pengelola untuk memberikan pelayanan secara maksimal, perbaikan jalan menuju objek wisata dan perbaikan sarana prasarana di objek wisata.Kata Kunci : Strategi Promosi
Teks Lengkap:
PDF (English)
Referensi
Antara Made dan I Nyoman Arinda. 2015. Panduan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal. Denpasar : Pustaka Larasan
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : Rineka Cipta
Gamal Suwantoro. 2004. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset
Moleong, L.J. 2007.Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya
Oka A.Yoeti. 1996. Pemasaran Pariwisata.Bandung: Angkasa
Swastaha DH dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta :Liberty Yogyakarta
DOI:
http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v5i4.1738
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
DINAMIKA
Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Galuh
email: dinamika@unigal.ac.id
ISSN: 2356-2269
eISSN: 2614-2945
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0
Created by Admin