Implementasi Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis

milda auliah

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belum optimalnya implementasi keputusan menteri pendayagunaan aparatur negara nomor 63 tahun 2003 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik di kantor kecamatan cihaurbeuti kabupaten ciamis. Hal ini terlihat darimasih banyaknya masyarakat yang belum memahami mengenai prosedur pelayanan, kurangnya sosialisasi dari pegawai kepada masyarakat, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan kualitas pegawai yang terbatas.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Implementasi Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamissecara umum masih belum berjalan dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari 13 indikator yang diteliti 8 indikator dilaksanakan dengan belum baik dan kurang maksimal, dan 5 indikator sudah dilaksanakan dengan baik.Kendala-kendala yang ditemukan yaitu kurangnya sosialisasi yang dilaksanakan oleh pegawai kepada masyarakat terkait prosedur pelayanan benar sehingga masih adanya masyarakat yang mengeluh atas pelayanan yang diberikan pegawai, keterbatasan sumber daya manusia di Kantor Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis, pegawai kurang maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan tidak tepat waktu, karena tidak sesuai dengan waktu yang telah diberitahukan sebelumnya kepada masyarakat, terdapat perlengkapan kerja yang kurang memadai di Kantor Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis sehingga pelayanan berjalan dengan kurang maksimal, terdapat peralatan kerja yang kurang memadai di Kantor Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis sehingga pelayanan berjalan dengan kurang maksimal, pegawai kurang bersikap baik/ramah saat memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan pegawai kurang cepat tanggap terhadap kebutuhan masyarakat saat memohon pelayanan. Upaya yang dilakukan dalam menghadapi kendala Implementasi Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis agar dapat berjalan secara maksimal yaitu perlu diadakannya evaluasi kerja dalam internal kantor kecamatan dan pengawasan yang intensif dalam melaksanakan proses pelayanan kepada masyarakat sehingga pelayanan di Kantor Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis dapat berjalan dengan lancar dan maksimal. 

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abidin, Said Zainal. 2002. Kebijakan Publik Edisi Revisi. Jakarta: Yayasan Pancur Siwah

Gie, The Liang. 1993. Ensiklopedia Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Hadari, Nawawi. 2001. Metode Penelitian Sosial. Yokyakarta: Gadjah Mada Offset.

Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sinambela, Lijan Poltak,dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutopo dan Suryanto, Adi. 2003. Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v4i1.403

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin